Kesehatan

Soal Penderita Gizi Buruk, 'Wakil Rakyat' Inhil Minta Dinkes Proaktif

Ahmad Rizki (4,6 tahun) penderita gizi buruk di Kecamatan Kateman, Kabupaten Inhil, Riau.

INHIL, RIAULINK.COM - Masih ditemukannya kasus gizi buruk di Dusun Hidayah, Desa Kuala Selat Kecamatan Kateman Kabupaten Indragiri Hilir (inhil), Anggota Komis IV DPRD Inhil H Adriyanto, SH prihatin karena hingga saat ini kasus penderita gizi buruk masih ditemukan di Kabupaten Inhil, Riau.

“Saya sungguh sangat prihatin dan ini sangat memilukan kita. Karena masih ditemukan Ahmad Rizki (4,6 Tahun) penderita gizi buruk di Kecamatan Kateman, Kabupaten Inhil," sebutnya saat dihubungi melalui pesan Whatsapp, Ahad (11/8/19).

Menyikapi hal tersebut Adriyanto meminta Dinas Kesehatan Inhil untuk menginstruksikan seluruh puskesmas dan puskesmas pembantu (pustu), agar selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat, agar segera laporkan apabila ada ditemukan penderita gizi buruk untuk segera dilakukan penanganan atas penyakit tersebut agar tidak ditemukan lagi anak penderita gizi buruk di Kabupaten Inhil.

"Ya kita minta Dinas terkait lah, terutama Dinas Kesehatan Inhil untuk memerintahkan Puskesmas, dan Pustu melakukan sosialisasi, penanganan, dan melaporkan jikat ditemukan penderita gizi buruk sehingga tidak terjadi kejadian seperti ini," sebut Adriyanto.

Terkait kejadian ini Adriyanto juga meminta Dinkes Inhil dan Rumah Sakit Umum Puri Husada Tembilahan untuk saling berkoorsinasi agar dilakukan pengobatan dan dibebaskan dari pembiayaan.

Ahmad Rizki anak laki-laki keempat dari pasangan Rahman (40) seorang nelayan dan Suriani (39) ibu rumah tangga saat ini masih dirawat di Ruang Isolasi 2, Ruangan Perawatan Anak Rumah Sakit Puri Husada Tembilahan, setelah dirujuk dari RS Raja Musa Sungai Guntung, sore kemarin. (***)