Sosbud

Sungai Tepian Narosa Susut, Panitia Pacu Jalur Lakukan Pengerukan

KUANSING, RIAULINK.COM - Gelanggang Pacu Jalur Tepian Narosa Teluk Kuantan sedang di benahi. Pacu jalur iven Nasional Tepian Narosa akan di helat sejak tanggal 21-25 Agustus 2019. Berbagai persiapan telah dilakukan.  Di arena pacu jalur Tepian Narosa itu, saat ini tampak beroperasi eskavator melakukan pengerukan aliran sungai.

Ketua Umum Pacu Jalur Ir Emmerson ketika dikonfirmasi Sabtu (10/8/2019) di Teluk Kuantan melalui Ketua Bidang Gelanggang Bamba Rianto membenarkan hal itu. Akibat musim kemarau beberapa aliran Sungai Tepian Narosa mengalami pendangkalan, sehingga dikhawatirkan mengganggu jalannya pacu jalur.

"Iya, sisi bagian hilir dari pancang Finish kita keruk menggunakan eskavator sedalam 1 meter. Panjang pengerukan sekitar 100 meter di bagian hilir pancang finis Tepian Narosa. Sampai hari ini alat berat masih beroperasi," ungkap Bamba.

Pengerukan dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya kendala perputaran jalur saat parade, akibat dangkalnya arus sungai. 

Tahun ini, ungkap Bamba, panitia mengadakan parade untuk seluruh jalur. Parade dilakukan secara bersamaan di gelanggang pacu jalur tepian Narosa itu sekaligus, tanpa berpacu, mulai dari pancang star sampai pancang finish.

"Ini yang kita antisipasi, jangan sampai terjadi insiden saat perputaran di pancang finish. Diperkirakan sekitar 200 buah jalur akan hilir bersamaan di gelanggang pacu jalur Tepian Narosa itu, dengan segala atraksinya, dan berputar di hilir pancang finis," katanya.

Selain itu, sambung Bamba, pihaknya telah melakukan penertiban tribun penonton di sepanjang arena.

Terakhir Bamba Rianto mengatakan, tingkat kemajuan persiapan gelanggang mulai dari pembersihan tebing, pengerukan, pembuatan pancang sudah mencapai 85 persen.(si)