Politik

Pleno Penetapan 30 Anggota DPRD Dumai 2019-2024

DUMAI, RIAULINK.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai menggelar rapat pleno penetapan anggota DPRD Dumai terpilih, Sabtu (10/8/2019). 

Diketahui rapat pleno penetapan anggota DPRD Kota Dumai sebanyak 30 orang yang akan dihadiri oleh Ketua KPU Provinsi Riau, Nurhamin, Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah dan lainnya.

Sebelumnya Ketua KPU Kota Dumai Darwis SAg menyebutkan tahapan Pemilu tahun 2019 sudah berakhir. Sementara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak digelar tahun 2020, di Provinsi Riau, Kota Dumai salah satunya.

Tahapan pilkada 2020 itu sendiri mulai dari Oktober 2019."Dan pilkada serentak dilaksanakan pada 23 September 2020 tahun depan,"ungkap Darwis di sela sambutannya di ballroom Hotel Comforta Dumai.

Dari ke 30 anggota DPRD terpilih periode 2019-2024 hasil pemilu 2019 lalu, sebanyak sembilan orang merupakan wajah lama.

Diantaranya Hasrizal dari Partai Amanat Nasional (PAN), Johannes MP Telelepta dan Idrus dari Partai Gerindra, Edison, Sutrisno dan Yusman dari Nasional Demokrat (NasDem), Edison, Syarifah dari Ponimin dari Golkar, Gusri Effendy dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Sementara ke 30 baru para legislator yang telah ditetapkan oleh KPU Dumai berdasarkan daerah pemilihannya (dapil) sebanyak lima kursi di antaranya, Idris (Gerindra), Haslinar (Nasdem), Muhammad Al Ikhwan Hadi (PKS), Suriyanto (Demokrat) dan Gusri Effendi (PDIP) untuk Dapil I Kecamatan Dumai Kota.

Selanjutnya, Dapil 2 Kecamatan Dumai Timur-Medang Kampai delapan kursi diraih oleh Syafrizal Nurdin (PAN), Andy Putra Silitonga (PDIP), Rudi Hartono (PKS), Sri Wanah (Nasdem), Yuhandri (Gerindra), Mara Hamdan Harahap (Demokrat), Hasan (PPP) dan Edison (Golkar).

Untuk Dapil 3 Kecamatan Bukit Kapur-Sungai Sembilan dengan delapan kursi, caleg terpilih yaitu Bahari (PDIP), Bujang (PAN), Mawardi (PKS), Kamisan (Demokrat), Yusman (Nasdem), Jem Harahap (Hanura), Ponimin (Golkar) dan Salman (PPP).

Sedangkan calon anggota DPRD Dumai yang duduk dari Dapil 4 Kecamatan Dumai Barat-Dumai Selatan sembilan kursi adalah, Agus Purwanto (Demokrat), Tahjuddin Effendi (PKS), Syarifah (Golkar), Marihot Sitorus (PDIP), Sutrisno (Nasdem), Johannes MP Tetelepta (Gerindra), Hasrizal (PAN), Roni Ganda Bakara (Demokrat) dan Hamdan (PPP).

Berdasarkan pantauan dari lokasi acara yang begitu luas pada saat pleno penetapan anggota DPRD Kota Dumai periode 209-2024, ternyata tak terisi lebih dari setengahnya.

Pasalnya, para pengurus maupun perwakilan partai politik kontestan pemilu serentak tahun 2019 yang ikut bertarung di Kota Dumai tak hadir.

Padahal KPU Kota Dumai Darwis telah menyebar lebih dari seratus lembar undangan. Hal ini kemungkinan besar dikarenakan pada Minggu besok, tanggal 11 Agustus 2019 bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha.(kll)