Sosbud

12 Tokoh Riau Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sedikitnya ada 12 tokoh adat melayu di Provinsi Riau, mendapat penghargaan khusus dari pemerintah daerah. Rencana ini tentunya telah lebih dulu disusun Gubernur Riau Syamsuar sebagai bentuk nilai juang atas perjuangan untuk kemajuan Riau. 

"Penghargaan sudah kita berikan untuk ke 12 tokoh pejuang Riau," ungkap Syamsuar kepada riaulink.com, Jumat (9/8/2019) usai rapat paripurna di kantor DPRD Riau. 

Tidak sampai disana, Syamsuar menyebut akan mengusulkan tokoh ke-12 pejuang Riau mendapatkan hak khusus yakni dinobatkan sebagai Pahlawan Nasional. 

"Usulan untuk jadi Pahlawan Nasional ini, bentuk komitmen kami atas nilai juang tokoh Riau dalam perjuangkan kemajuan Riau dari masa ke masa," akui Syamsuar. 

Bersepena perayaan hari kelahiran Provinsi Riau, HUT ke-62 ini, pengusulan tersebut, Syamsuar telah lebih dulu menemui dewan harian 45 untuk meminta persetujuan bagi tokoh-tokoh Riau tersebut. 

"Pahlawan Nasional ini sebagai bentuk tanda terima kasih atas jasa perjuangan untuk perkembangan dan peningkatan kemajuan Riau dari pertama hinga sekarang," akui Syamsuar. 

Sementara pengakuan untuk pahlawan nasional bagi tokoh-tokoh Riau ini, Syamsuar telah menindak lanjuti usulan ini ke pemerintah pusat. Tujuannya, semata-mata ingin pemerintah pusat tau dan mengakui atas pemberian hak Pahlawan Nasional ke-12 tokoh tersebut. (Emi)