Serambi islam

Menelisik Masjid Satu-satunya di Parit Kepol, Miris!

Kondisi Masjid Nurhidayah, masjid satu-satunya di Parit Kepol.

INHIL, RIAULINK.COM - Sejak awal bulan Agustus 2019, di salah satu jejaring sosial (facebook, red) beredar potret memprihatinkan salah satu Masjid yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Foto tersebut merupakan kiriman akun ER ke halaman Berita Inhil.

Dalam keterangan unggahan itu disebutkan Tempat Ibadah tersebut tepatnya berada di Parit Kepol Desa Pebenaan, Kecamatan Keritang, Kabupaten Inhil.

"Masjid ini satu-satunya tempat ibadah di sini, miris sekali melihat kondisinya yang begitu. Tentu saja ingin diperbaiki, namun apalah daya warga setempat tidak memiliki dana untuk merenovasi bangunan ini," tulis ER pada caption foto tersebut.

Masjid bernama Nurhidayah ini, selain digunakan untuk solat, juga digunakan untuk tempat anak-anak mengaji.

Yang membuat ER kesal, Masjid ini sudah sering menjadi bahan perbincangan, namun hingga saat ini belum ada perhatian dan uluran tangan dari pihak manapun.

"Sudah beberapa tahun diperbincangkan namun NIHIL bantuan. Masjid ini tetap seperti ini, warga setempat tidak bisa berbuat banyak, hanya menunggu keajaiban saja. Barangkali pemerintah bisa mengatasi hal ini," pungkas ER menutup keterangan postingannya.

Berbagai tanggapan dari warganet memenuhi kolom komentar. Salah satu akun berinisial HR mengusulkan untuk melakukan penggalangan dana untuk perbaikan Masjid Nurhidayah.

"Bikin nomor rekening apa aja biar bisa kita bantu galang dana untuk pembangunan tempat ibadah di sana," tulis HR.

Gagasan HR tersebut mendapat dukungan dari akun HS. Dirinya mengingatkan agar para netizen bijak, dan tidak hanya menyerahkan masalah ini kepada pemerintah.

"Jangan komentar doang bisanya, dikit-dikit pemerintah, padahal bantu juga enggak. Ini kan milik umum, jadi bukan persoalan pemerintah saja. Ide HR bagus tu. Tentunya harus ketua Masjid, RT/ RW dan ketua pemuda setempat harus mengetahui sebelum disebarluaskan ke masyarakat, karena mereka nantinya yang akan memproses lebih lanjut hasil dana dari donatur," urai akun HS.

Hingga saat ini, unggahan ER tersebut mendapat seribu lebih jempol, dan sudah dibagian ratusan kali oleh pengguna media sosial sejuta umat ini. (Ray)