Metropolis

Satpol PP Sisir Kota Selatpanjang, Pastikan Setiap Rumah Tegak 'Merah Putih'

Satpol PP ingatkan warga untuk memasang Bendera Merah Putih.

MERANTI, RIAULINK.COM - Menjelang peringatan  Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kepulauan Meranti melakukan imbauan kepada masyarakat untuk memasang bendera sebagai penghormatan jasa para pahlawan yang telah memerdekakan Indonesia.

Kasatpol Kepulauan Meranti Helfandi SE M,Si melalui Kepala bidang Perlindungan Masyarakat (Kabid Linmas) Masdiana S.Pd., mengatakan, jelang hari kemerdekaan, Satpol PP beroperasi mengimbau warga dalam mentaati praturan kewarganegaraan yang tauladan.

"Kami mulai start pukul 14.00 hingga pukul 16.00 WIB, imbauan ini kami lakukan agar menyadari dan kami ingin menggugah masyarakat terkait hari kemerdekaan untuk supaya mencintai NKRI," ungkap Masdiana.

Dikatakannya lagi, pihaknya mulai beroperasi hari ini Rabu (7/8/2019) sekaligus menindaklanjuti surat edaran dari Kecematan Tebingtinggi.

"Sesuai perintah kasat yakni beroperasi di jalan protokol, besok akan kami lanjut dijam yang sama untuk melakukan beroperasi menindaklanjuti yang daerah belum terpantau," tutur Masdiana.

Sementara itu Kepala Bidang Peraturan Daerah (Kabid Perda) Ginting S.Ag., menyampaikan, ada pun temuan saat operasi bendera-bendera dipasang banyak yang tidak sesuai aturan.

"Peraturannya umbul-umbul tidak boleh lebih tinggi dari bendera merah putih, kemudian bendera yang kusam harus diganti dan juga kalau benderanya baru tapi sobek harus diganti juga, atau bahkan tiangnya tidak sepadan dengan benderanya," jelas Ginting.

Dijelasnya lagi, jika ada warga yang rumahnya hari ini terpantau tidak melakukan pemasangan bendera atau benderanya kusam karena sudah lama maka orang itu akan dipanggil ke kantor Satpol PP. 

"Kami melakukan operasi saat ini terbagi dua rombongan, rombongan saya memasuki jalan Tebingtinggi, Sungai Juling, Alahair, Pasar Sandang Pangan, Imam Bonjol dan Jalan Kartini," ucap Ginting.

Terakhir, dikatakannya lagi, sedangkan rombongan yang dikomandoi Kabid Linmas Masdiana, beroperasi di Jalan Tengku Umar, Rintis, Handayani, Banglas Jalan Dorak.(aldo)