Sosbud

'Kita Mitra Pemerintah, Tanpa Ibu-ibu Program Pemerintah Tak Akan Sampai'

INHIL, RIAULINK.COM - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Sungai Raya Kecamatan Batang Tuaka terpilih mewakili Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) maju ke tingkat Provinsi Riau untuk kategori lomba Tertib Administrasi PKK.

Wakil Ketua I TP-PKK Inhil Anita Pramawati Syamsuddin mengunjungi Desa Sungai Raya, sekaligus mendampingi Sekretaris TP-PKK Provinsi Riau Hj Erlina Khairul SPsi selaku Tim Penilai Lomba Administrasi PKK, Senin (5/8/2019).

Bertempat di GOR Desa Sungai Raya, dalam kesempatan tersebut dilakukan pula lomba tumpeng tingkat Desa Sungai Raya yang diikuti oleh 11 dasa wisma se-Desa Sungai Raya. Para peserta juga menampilkan kerajinan tangan yang terbuat dari bahan bekas.

Camat Batang Tuaka, H Marpoyanto SKom MSi bersyukur atas prestasi TP-PKK Desa Sungai Raya ini.

"Kami berharap kepada Ibu-ibu, administrasi kita kali ini mendapat juara di tingkat Provinsi," tuturnya.

Hj Erlina Khairul dalam arahannya menjelaskan ada lima lomba yang menjadi penilaian dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK.

"Prestasi yang telah dicapai hari ini akan dinilai ke tingkat Provinsi Riau. Ibu-ibu di sini mewakili Kabupaten Inhil ke tingkat Provinsi Riau. Ada lima lomba HKG, yaitu Administrasi PKK untuk sekretariat, lomba Pola Asuh Anak dan Remaja Pokja I, lomba UP2K Pokja II, lomba Hatinya PKK Pokja III, dan lomba Iva Test Pokja IV," papar Sekretaris TP-PKK Provinsi Riau yang telah mengabdi di PKK selama lebih dari 30 tahun ini.

Sebagai mitra pemerintah, imbuhnya, keberhasilan organisasi ditentukan oleh kinerja sekretaris, karena beratnya tugas yang diemban oleh seorang sekretaris selaku nahkoda organisasi.

"Kita ini adalah mitra pemerintah, tanpa tangan Ibu-ibu, program pemerintah dalam hal menyejahterakan masyarakat tidak akan sampai ke tengah masyarakat itu sendiri. Jadi kita adalah perpanjangan tangan, yang dimulai dari keluarga kita sendiri," jelasnya.

Acara diisi dengan expose dari Ketua TP-PKK Desa Sungai Raya, Rubiah Hasyim. Ia menyampaikan struktur organisasi TP-PKK Sungai Raya, program yang telah terlaksana, kelompok dasa wisma, hingga prestasi yang diraih.

Sementara itu, Wakil Ketua I TP-PKK Inhil berpesan, Tertib Administrasi TP-PKK Desa Sungai Raya agar lebih ditingkatkan dan dilengkapi seluruh komponennya.

"Seperti laporan kegiatan. Jadi jangan pas ada penilaian saja baru heboh mau melengkapi administrasi, tapi diterapkan terus untuk menjadi catatan rutin mingguan maupun bulanan," ujar Anita.

Terlepas dari hal tersebut, Anita merasa senang karena dapat bertatap muka secara langsung dengan masyarakat Desa Sungai Raya.

Turut serta dalam kunjungan itu Sekretaris TP-PKK Kabupaten Inhil beserta anggota, Ketua TP-PKK Kecamatan Batang Tuaka, Kepala Desa Sungai Raya beserta jajaran, Ketua TP-PKK Desa Sungai Raya, dan masyarakat setempat. (ray)