Sosbud

Tembilahan Hulu Wakili Inhil dalam Lomba Iva Test

INHIL, RIAULINK.COM - Ketua TP-PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME mendampingi Tim Penilai Lomba Iva Test Tingkat Provinsi Riau di Aula Kantor Camat Tembilahan Hulu, Senin (5/8/2019).

Kecamatan Tembilahan Hulu tahun ini terpilih mewakili Kabupaten Inhil bertahan di kancah Provinsi kategori Iva Test.

Ketua Pokja IV Provinsi Riau, Hj Rumisis, mengatakan bahwa Iva Test merupakan program PKK Pusat yang berjenjang hingga ke desa dan kelurahan.

"Insya Allah pada tahun 2020 program akan bergeser pada stunting. Jadi nanti Ibu-ibu bertugas lagi membina orang tua agar anak-anak kita tidak menderita stunting," ujarnya.

Disebutkannya hal terpenting dalam setiap lomba ialah pencapaian. Namun prestasi tersebut tidak terlepas dari peran serta TP-PKK yang memberi penyuluhan bahkan kunjungan rumah kepada masyarakat.

Sementara itu, Camat Tembilahan Hulu melaporkan bahwa pihak Kecamatan dan TP-PKK sudah melakukan kesepakatan pemberian pelayanan kepada masyarakat sejak diluncurkannya Program Iva Test dengan menandatangani MoU bersama Puskesmas Tembilahan Hulu.

"Kami sudah berkomitmen baik itu dengan kepala desa dan lurah begitu juga dengan kepala puskesmas di mana kami melakukan kegiatan ini secara berjenjang sampai ke RT/ RW yang diawali dengan himbauan dan surat keputusan Camat.

Dijelaskannya TP-PKK dengan pendampingan dari Puskesmas jemput bola melakukan sosialisasi, penyuluhan, dan pelayanan kepada masyarakat dengan langsung mengunjungi rumah-rumah warga.

Ketua TP-PKK Inhil mengungkapkan saat ini ada tujuh orang Pengiris TP-PKK Provinsi yang bertugas melakukan penilaian di Inhil.

Dirinya menganggap wajar Kecamatan Tembilahan Hulu terpilih mewakili Kabupaten Inhil dalam kategori lomba Iva Test.

"Dari aa yang dilaporkan Pak Camat tadi, pabtas Kecamatan Tembilahan Hulu mewakili Indragiri Hilir lomba Iva Test. Untuk diketahui saat ini pelaksanaan Iva Tes di Kabupaten Indragiri Hilir baru mencapai sekitar 43 persen. Karena di Indragiri Hilir ada 52 juta lebih sasaran, tetapi yang tercapai baru sekitar 20 ribuan lebih," papar Zulaikhah.

Dirinya berujar beberapa waktu lalu, di Tembilahan diadakan pelatihan tentang Iva Test kepada bidan-bidan dalam rangka memacu penuntasan kegiatan Iva Test.

"Pelatihan itu tujuannya karena di Kecamatan masih banyak masyarakat yang enggan. Jadi kepada tokoh masyarakat dan tokoh agama tolong bantu memberi motivasi agar Ibu-ibu tidak enggan lagi melakukan Iva Test, karena kanker serviks dan kanker payudara sudah banyak merenggut nyawa," terang Ibunda Kabupaten Inhil ini.

Gerakan Iva Test, imbuhnya, sebenarnya merupakan program tahun 2016 hingga tahun 2018. Namun hingga sekarang masih dilakukan untuk menyelesaikan sasaran Iva Test tersebut.

Turut hadir dalam momen tersebut Kepala Dinas Kesehatan Inhil dan Ketua TP-PKK Kecamatan Tembilahan Hulu beserta anggota.

Sebelum bertolak ke Tembilahan Hulu, Zulaikhah Wardan SSos didampingi Wakil Ketua TP-PKK Inhil Anita Pramawati Syamsuddin beserta Pengurus TP-PKK Inhil menjamu sarapan pagi TP-PKK Provinsi Riau. (ray)