Kesehatan

Kepesertaan BPJS di Inhil Capai 72 Persen

INHIL, RIAULINK.COM - Badan Penyelenggara Jaminan Nasional (BPJS) Kesehatan merayakan HUT ke-51 Tahun 2019. Untuk memeriahkan peringatan ini dilakukan senam sehat di Halaman Kantor Bupati Indragiri Hilir (Inhil), Jalan Akasia Nomor 1 Tembilahan, Minggu (4/8/2019) pagi.

HUT yang mengusung tema "Inovasi untuk Kesinambungan Program JKN-KIS di Era Digital dan Revolusi Industri 4.0" ini dibuka oleh Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP didampingi Ketua TP-PKK Inhil, Hj Zulaikhah Wardan SSos ME, yang ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Cabang BJPS Kesehatan Mery Lestari.

Tampak pula Unsur Forkopimda Inhil, Kepala Dinas Kesehatan Inhil, Kepala Dinas Pendidikan Inhil, Kepala Dinas Kominfo PS Inhil, Kepala Disparporabud Inhil, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Inhil, Direktur RSUD Puri Husada Tembilahan, Camat Tembilahan Hulu, Pengurus Muslimat NU Inhil, Puskesmas Gajah Mada Tembilahan, Puskesmas Tembilahan Hulu, Puskesmas Kuala Enok, sejumlah instansi kesehatan lainnya, serta masyarakat Tembilahan.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Inhil mengatakan kehadiran BPJS Kesehatan merupakan wujud kebersamaan dalam mengimplementasikan jaminan kesehatan nasional. Disebutkannya ada tiga peran BPJS Kesehatan.

"Kepesertaan di Inhil mencapai 72 persen. Peran dari BPJS yang pertama adalah gotong royong dalam konteks sederhana satu peserta yang operasi bisa dibantu oleh peserta yang sehat. Yang kedua pengumpulan iuran. Dan yang ketiga mewujudkan pelayanan kesehatan secara optimal," papar Mery.

Bupati Inhil mengatakan bahwa Pemkab Inhil mendukung sepenuhnya program jaminan kesehatan nasional sesuai dengan Inpres Nomor 8 Tahun 2017 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional dengan memastikan seluruh penduduknya terdaftar dalam program JKN-KIS.

"Komitmen tersebut kami wujudkan dalam integrasi program jamkesda (jaminan kesehatan daerah) Kabupaten Indragiri Hilir ke JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan," ujarnya.

Bupati mengimbau kepada masyarakat untuk memahami tentang manfaat BPJS. Atas nama Pemkab Inhil, Ayahanda Kabupaten paling selatan di Provinsi Riau ini juga mengucapkan terimakasih atas program dan bantuan pelayanan lesehatan yang telah diberikan oleh BPJS Kesehatan selama ini.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan juga penyerahan penghargaan kepada FKTP Terbaik, club prolanis teraktif, dan club prolanis terkompak, serta penyerahan doorprize.(ray)