Olahraga

Sebut CONMEBOL Korup, Messi di Sanksi Larangan Main Hingga Akhir Tahun

RIAULINK.COM - Lionel Messi dilarang tampil selama tiga bulan di ajang internasional. Hukuman ini dijatuhkan kepada La Pulga usai ia mengatakan CONMEBOL korup.

Messi mengecam CONMEBOL setelah Argentina menang 2-1 atas Chile pada perebutan peringkat ketiga Copa America 2019 Juli lalu. Dalam laga tersebut, ia mendapat kartu merah pada menit ke-37 karena bersitegang dengan Gary Medel.

Kapten Barcelona ini melontarkan kekesalannya kepada CONMEBOL dengan menyebut organisasi tertinggi sepakbola Amerika Selatan ini melakukan korupsi. Messi juga mengatakan Copa America 2019 telah diatur agar Brasil berhasil menjadi juara. 

Pernyataannya tersebut kini berbuah sanksi larangan tiga bulan bermain di ajang intenasional. Dikutip dari situs resmi CONMEBOL, Messi telah melanggar pasal 7.1 dan 7.2 aturan disiplin.

Pasal pertama terkait tentang perilaku yang bersifat menyerang, menghina dan melakukan fitnah dalam bentuk apapun. Sementara pasal lainnya mengenai pelanggaran keputusan, anjuran atau perintah badan yudisial.

Selain dihukum larangan bertanding, Messi juga harus membayar denda sebesar 50 ribu dollar Amerika. Pemain 32 tahun ini memiliki waktu tujuh hari untuk mengajukan banding atas keputusan CONMEBOL tersebut.

Sanksi ini membuat Messi bakal absen di tiga laga Argentina pada September dan Oktober mendatang. Tiga laga tersebut adalah saat tim Tango berhadapan dengan Chile, Meksiko dan Jerman di laga ujicoba.