Kesehatan

Waspadai Penyakit Akibat Kabut Asap

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di beberapa Kabupaten di Provinsi Riau, menyebabkan kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru.

Oleh sebab itu, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, agar mewaspadai beberapa jumlah penyakit akibat dampak kabut asap.

Salah satunya, dampak penyakit yang diakibatkan kabut asapyakni Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA), asma, iritasi mata, penyakit paru kronik hingga penyakit jantung.

"Jadi masyarakat kami imbau untuk antisipasi semua penyakit yang merupakan dampak kabut asap," jelas Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Muhammad Amin, Rabu (31/7/2019).

Menurutnya, dinas sudah menyampaikan agar puskesmas di Kota Pekanbaru menyiapkan ruangan khusus bagi pasien ISPA. Hal ini untuk mempercepat akses layanan kesehatan bagi pasien ISPA yang terkena dampak kabut asap.

Ia menyebut bahwa anak-anak, ibu hamil dan lansia rentan kena dampak kabut asap. "Maka kami sediakan ruangan khusus ISPA di puskesmas," ujarnya.

Amin berharap agar kondisi seperti tahun 2015 tidak terulang. Saat itu kualitas udara di Kota Pekanbaru sempat menyentuh level berbahaya.(Wan)