Sosbud

Wakili Riau di Seleksi Pemuda Pelopor, Rosihan : Kita Pernah Gunakan Kain Sarung Untuk Bawa Pasien

MERANTI, RIAULINK.COM - Rosihan Afrizal SH ketua Mitra Vj yang lolos menuju penilaian tingkat nasional mewakili Riau di ajang Pemuda Pelopor tahun 2019 ternyata pernah mengunakan kain Sarung untuk membawa Pasien. 

"Kita berangkat september ke Jakarta, dan dalam satu bulan ini untuk persiapan serta kita disana akan mengangkat tema Pran aktif Organisasi Mitra Vj dibidang Kesehatan, " ungkapnya saat berbincang dengan Riaulink.com dikedai Kopi IPSI jalan Diponegoro, Rabu (31/07/2019). 

Sambil ditemani segelas kopi, Pria kelahiran 1 April 1990 itu juga menjelaskan kalau lahirnya Organisasi Mitra VJ dia bersama teman lainnya yang bergerak dalam satu organisasi sosial masyarakat dari desa yang memerlukan pertolongan cepat dan rujukan ke RSUD yang berada di ibukota kabupaten.

"Sudah 4 tahun Mitra VJ berdiri, awal januari 2015 terbentuknya organisasi ini diawali dengan terobosan dari dirinya dan diberi nama Mitra VJ," jelasnya. 

Disamping Relawan Mitra VJ Suhaidi membeberkan kalau selama berdirinya organisasi ini sudah ratusan kegiatan sosial dilakukan dengan kata lain membantu orang sakit serta membantu kepengurusan Admistrasi. 

"Pasien yang pernah ditangani dalam jarak tempuh yang sangat menguras tenaga dari Desa Teluk Buntal, Tanjung Gadai serta beberapa desa yang ada di Kecamatan Tebingtinggi Timur.  Selain itu, kegiatan ini bukan khsus  Kecamatan Tebingtinggi Timur Akan tetapi juga ikut membantu pasien dari Rangsang, Rangsang Barat, Pulau Merbau, Merbau dan Tasik Putri Puyu jika diperlukan, " tambah nya. 

Untuk transportasi, dirinya mengakui kalau diwilayah Tebingtinggi Timur belum ada Ambulance namun untuk membawa pasien mengunakan Motor, Gerobak serta mengunakan kain sarung (Dijadikan Tandu, red). 

"Jika pasien dirujuk ke Rsud Dorak Selatpanjang maka kita mengunakan Ambulance dari Rangsang namun jika Ambulance tersebut dalam kondisi dipakai maka menunggu Ambulance dari Selatpanjang. Selain itu, jika hal keduanya terpakai untuk membawa pasien lain maka kami mengunakan Pompong untuk membawa pasien, " kata Rosihan. 

Singkat cerita, ternyata Organisasi Mitra VJ ini sudah punya Rumah Singgah di Selatpanjang walaupun saat ini masih ngontrak dengan sistem pertahun. Selain itu, yang menjadi kendala dilapangan dalam hal ini donatur tunggal. 

"Saat ini kita tidak punya donatur tunggal dan biyaya untuk membawa pasien merupakan uang pribadi dan saling menutupi sesama rekan organisasi serta dari donatur lainnya. Selain itu untuk Rumah singah Gratis kita berada di jalan Prumbi Gang Pakning Selatpanjang," tambah nya. 

Rosihan juga mengajak dan berharap pemuda di meranti ini melakukan perbuatan yang bermanfaat serta dirinya menerima lapang dada jika ada pemuda untuk bergabung organisasi Mitra VJ. (Aldo)