Sport

Tim Tersolid, Brasil Juara Copa America

RIAULINK.COM - Brasil sukses mengakhiri Copa America 2019 dengan menjadi juara. Mereka juga berstatus sebagai tim tersubur sekaligus tim dengan pertahanan paling solid di sepanjang turnamen ini.

Brasil menjadi tim tersubur dengan koleksi 13 gol di sepanjang turnamen. Selecao telah mencetak delapan gol di babak penyisihan dan kemudian membukukan lima gol di fase gugur.

Peru jadi tim yang paling banyak dibobol oleh Brasil di turnamen ini dengan torehan delapan gol. Hal itu terjadi lantaran Brasil dua kali bertemu Peru di Copa America 2019.

Pada babak penyisihan, Brasil menghajar Peru dengan skor 5-0. Sedangkan di babak final, Brasil menggelontorkan tiga gol untuk meraih trofi Copa America pertama sejak 2007.

Meski jadi tim tersubur, Brasil dua kali gagal membobol gawang lawan. Hal ini pula yang membuat Brasil sempat mendapat kritikan dari pendukungnya sendiri.

Pada babak penyisihan, Brasil hanya bermain imbang tanpa gol lawan Venezuela. Di laga perempat final, Brasil juga bermain imbang tanpa gol di waktu normal melawan Paraguay, sebelum akhirnya menang melalui adu penalti.

Selain lini serang yang mumpuni, pertahanan kokoh juga jadi salah satu kunci keberhasilan Brasil di turnamen ini.

Sepanjang turnamen berlangsung, Brasil hanya kebobolan satu gol. Satu-satunya gol yang bersarang ke gawang Alisson Becker adalah gol penalti Paolo Guerrero di babak final.

Dengan catatan tersebut, itu berarti Alisson tidak pernah kebobolan lewat permainan terbuka sepanjang turnamen berlangsung.

Sukses Brasil menjadi juara Copa America 2019 membuat mereka kembali mengangkat trofi setelah terakhir kali melakukannya pada 2007. 

Kemenangan ini juga jadi modal bagus untuk mengembalikan kepercayaan diri Brasil setelah dalam beberapa tahun terakhir selalu meraih hasil buruk saat tampil di turnamen internasional.