Politik

Masuk Dalam Daftar Nama Capres 2024 Versi LSI Denny JA, Ini Kata Ridwan kamil

RIAULINK.COM - Survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menempatkan Ridwan Kamil sebagai tokoh yang berpotensi maju sebagai calon presiden di Pemilu 2024. Namun Gubernur Jawa Barat itu menegaskan saat ini masih ingin fokus untuk menjalankan tugasnya.

"Pertama ini masih 2019, sudah ngomongin (Pilpres) 2024 dan itu kalau menurut saya terlalu jauh. Untuk saya pribadi, saat ini saya masih fokus sebagai gubernur Jawa Barat," kata Kang Emil, sapaannya, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Rabu (3/7).

LSI Denny JA dalam survei terbarunya mengidentifikasi 15 nama calon yang berpeluang menjadi capres 2024. 

Belasan nama itu berasal dari tiga jenjang yakni jenjang pemerintahan daerah, jenjang partai politik, dan jenjang jabatan pemerintahan.

Ridwan Kamil masuk dalam kategori capres potensial dari jenjang pemerintahan daerah. Dia bersanding dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Emil menuturkan sebagai gubernur baru, dirinya belum memiliki banyak pengalaman mengurus hal-hal multidimensi. 

"Jadi untuk saya pribadi, saya fokus sebagai gubernur Jabar yang membawa kemajuan perubahan dan nanti lihat di akhir masa jabatan saya," kata dia.

Dia mengatakan jika pada akhir masa jabatannya sebagai gubernur Jawa Barat banyak masyarakat mengapresiasi kinerjanya, baru dirinya memikirkan langkah selanjutnya.

"Kalau masyarakat banyak yang mengapresiasi dan ada hasilnya, saya kira hal-hal lain bisa mengikuti," kata dia.

Mantan Wali Kota Bandung ini menilai masih banyak tokoh muda potensial lainnya di Indonesia yang lebih pantas menjadi capres di Pilpres 2024.

"Masih banyak yang lebih laik. Untuk kondisi sekarang sekarang saya lebih fokus untuk mewujudkan Jabar juara lahir batin," kata dia.