Lingkungan

Titik Api Terdeteksi di Rohil dan Bengkalis

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sebanyak 50 hotspot (titik panas) terpantau di Sumatra Jumat (28/6/2019). Hotspot tersebut tersebar di 9 titik provinsi, termasuk Riau.

Seperti dilansir dari laman Cakaplah.com, Kasi data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, Marzuki, mengatakan bahwa hotspot tersebar di Aceh 5 titik, Sumatra Utara 2 titik, Sumbar 5 titik, Sumsel 19 titik, Jambi 5 titik, Lampung 4 titik, Bengkulu 2 titik, Bangka Belitung 4 titik dan Riau 4 titik.

"Untuk wilayah Riau, titik panas terpantau di 3 wilayah yakni Bengkalis 2 titik, Rohil 1 titik dan Indragiri Hilir 1 titik," ujar Marzuki.

Dari 4 titik tersebut, 2 diantaranya dipastikan adalah titik api. "Karena 2 titik tersebut memiliki level konfidence diatas 70 persen. Kedua titik api itu berada di Bengkalis dan Rohil, masing-masing satu titik," cakapnya.

Pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaram hutan dan lahan.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 derajat celius dengan kelembapan udara 55 – 98 persen. Sementara arah angin berhembus ke Selatan - Barat dengan kecepatan 10 - 30 kilometer per jam.