Ekonomi

Diresmikan Wabup Meranti, Roro yang Dibanggakan Jadi 'Gunjingan'

MERANTI, RIAULINK.COM - Dari awal uji coba RoRo Insit Laut yang dilepaskan oleh Wakil Bupati Meranti H Said Hasyim, Sabtu siang (1/6/2019) di Lelabuhan RoRo Insit Laut, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti hingga saat ini banyak sekali dikeluhkan warga.

Pantauan Riaulink.com di lapangan, keluhan warga bukan karena tidak dapat mudik menggunakan Roro tersebut, melainkan warga tidak diperbolehkan masuk, bahkan juga banyak yang 

Selain itu, kedatangan warga yang bukan dari Insit saja juga mengakui kalau mereka masuk ke dalam hanya untuk berfoto saja dan tidak ada niat untuk merusak fasilitas yang ada di wilayah tersebut. 

"Susah kita masuk bang, kita dapat berfoto aja lewat pelabuhan lama. Jangankan mau berfoto di Roro masuk pelabuhan aja susah bang. Makanya saya bilang tidak ada guna Roro ini dibangun jika masyarakat tidak bisa menikmatinya," ungkap salah satu wanita asal Selatpanjang yang tak mau disebutkan namanya. 

Selain itu, dia sempat melihat kalau ada orang kenal sama petugas di lapangan maka orang tersebut diperbolehkan masuk dan bahkan bisa menaiki Roro untuk berfoto. 

"Ini yang membuat timbul pertanyaan kami bang, jika kami tidak boleh masuk kenapa orang kenal sama petugas diperbolehkan masuk. Jika ada larangan maka kami akan menuruti namun orang yang kenal dengan petugas harus mengikuti juga aturan dan petugas penjaga tidak boleh melihat anak kandung dan anak tiri," tambahnya.

Untuk diketahui, Pelepasan Uji Coba RoRo dengan jalur Alai Mengkapan-Tj Buton ini, ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim didampingi Sekretaris Daerah H Yulian Norwis SE MM, Kapolres Meranti AKBP La Ode Proyek, Anggota DPRD Meranti M. Tartip, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Riau M Toufik disaksikan Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr Aready, Danramil Selatpanjang Mayor TNI Irwan, Direktur Ops PT RIC Ade Gunawan, Ketua MUI Meranti H Mustafa SAg, Perwakilan Bea Cukai, Perwakilan Posal, Asisten III Sekda Drs H Rosdaner, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH dan sejumlah pejabat lainnya.

Seperti dikatakan Wabup, pengoperasian RoRo Insit Laut saat ini masih dalam tahap uji coba sebelum dilakukan peresmian yang direncanakan dalam waktu dekat.

Uji coba ini dinilai penting untuk menjamin kelancaran dan keamanan penumpang selain itu untuk mengevaluasi kekurangan-kekurangan agar dapat disempurnakan sehingga ke depan saat diresmikan nanti tidak ada masalah.

"Hari ini kita akan coba menghubungkan Pulau Tebing Tinggi dengan Sumatera menggunakan RoRo yang sudah dinanti-nanti masyarakat Meranti sejak tujuh tahun lalu semoga lancar," ujarnya.

Menyikapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr Aready ketika dikonfirmasi lewat Pesan WhatsApp nya mengatakan kalau hal tersebut mungkin miss komunikasi saja, pasalnya pada saat waktu awal Roro uji coba banyak sekali warga yang melihat berfoto - foto, dan dirinya juga sering melihat warga berfoto maupun selfi di pelabuhan tersebut. 

"Tak lah seperti itu, mungkin miss komunikasi saja dan saya akan konfirmasi ke pengelola pelabuhan atau BPTD tekait hal tersebut," ungkapnya.(aldo)