Riau

Kampoeng Milenial, Wisata Kekinian di Tembilahan

Suasana Kampoeng Milenial malam hari. (Foto: Ray/ Riaulink)

RIAULINK.COM, TEMBILAHAN - Kehadiran Kampoeng Milenial menjadi angin segar bagi masyarakat Tembilahan dan sekitarnya. Pasalnya, Kampoeng Milenial menjadi salah satu surga bagi pencinta kuliner. 

Tidak hanya beragam makanan, Kampoeng Milenial menyediakan arena rekreasi keluarga, mulai dari berbagai games edukatif, rumah pohon, spot foto, dan taman baca gratis. 

Selain itu ada pula camp milenial yang menghadirkan suasana camping lengkap dengan tenda, hamock, lazy bag dan nesting, wahana ini cocok bagi para penikmat kehidupan alam bebas ataupun pendaki yang merindukan suasana tersebut. 

Ide pembuatan Kampoeng Milenial ini sendiri berasal dari pemikiran sekelompok anak muda yang ingin membuka lapangan pekerjaan baru dengan nuansa berbeda dari biasanya. 

Hal tersebut diutarakan Pemilik Kampoeng Milenial, Jaka Saputra kepada Riaulink.com, Senin (20/5) petang. 

"Pertama sekali yang mempunyai ide membuat Kampoeng Milenial adalah saya dan teman-teman saya yaitu Sujud Santoso, Indra Bangsawan, NS Ernely Yunita, Susi Ariska, Rahayu Aydila, dan Riyan yang tujuannya mencari berkah dari Allah SWT dengan membuka lapangan pekerjaan baru, menjadikan Kampoeng Milenial menjadi salah satu wisata yang wajib dikunjungi di Tembilahan, dan mengajak para milenial atau generasi muda untuk mulai belajar berwirausaha," terang Jaka. 

Dijelaskannya penamaan Kampoeng Milenial sendiri karena tempat wisata ini menggambarkan susana perkampungan yang sangat asri, banyak pepohonan dan berada di tepi Sungai Indragiri. Sedangkan kata milenial sendiri menorehkan makna bahwa lokasi ini adalah inovasi baru yang digagas oleh anak muda. 

Kampoeng Milenial memiliki 14 lapak kuliner yang menjual serba-serbi pilihan menu nusantara, sebab setiap lapak menjual menu kuliner yang berbeda. 

Diresmikan oleh Bupati Inhil yang diwakili Asisten Administrasi Umum, RM Sudinoto SP MM pada tanggal 2 Mei 2019 lalu, Kampoeng Milenial ini berdiri di atas tanah milik Kodim 0314/ Inhil.

"Tanah Kampoeng Milenial adalah milik Kodim 0314 yang sudah kami adakan kontrak sewa," tutur Alumni STAI Auliaurrasyidin Tembilahan ini. 

Diakui Jaka, masyarakat yang mengunjungi Kampoeng Milenial mayoritas ialah kawula muda.

"Banyak juga orang tua yang membawa anaknya bermain di Kampoeng Milenial," tukas Lulusan Pasca Sarjana UIN Jambi ini. 

Selama Bulan Ramadan, imbuhnya, setiap hari Kampoeng Milenial dipenuhi pesanan berbuka puasa baik dari geng anak muda, geng sosialita, maupun keluarga. 

"Jika ingin berbuka puasa di Kampoeng Milenial harus menghubungi tim reservasi minimal 1 hari sebelum acara," pungkas Wirausahawan Muda asli Inhil ini.