Riau

Desa Insit Sudah Menjadi Kota Sejak Dibangun Roro

Bupati Meranti, H. Irwan Nasir saat melakukan kunjungannya di Roro Insit.

RIAULINK.COM, MERANTI - Desa Insit, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau sudah terlihat menjadi kota sejak adanya Pembanguan Roro yang akan beroperasi sebelum lebaran ini. 

Bahkan roro tersebut sudah sering ditinjau baik itu Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan M.Si maupun Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim serta Anggota DPRD Meranti.  

Fasilitas Roro di Desa Insit Laut yang dibangun oleh Pemerintah terhubung ke Pelabuhan Buton Kabupaten Siak. Selain itu, dalam kunjungan Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H Said Hasyim Senin (29/5/2019) lalu mengatakan tepatnya sebelum Idul Fitri 1440 H fasilitas ini akan difungsikan, dengan begitu masyarakat sudah dapat membawa masuk kendaraan roda 4 langsung ke Kota Sagu ini. 

Selain itu, dengan adanya Roro ini Pemkab Meranti mengupayakan dalam membuka aksesbilitas daerah mulai terwujud. 

Seperti apa Yang disampaikan Wakil Bupati H. Said Hasyim disela kunjungannya dilokasi, Bupati Meranti Drs. Irwan M.Si meminta kepada Dinas terkait untuk segera menuntaskan dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat Meranti. 

Kunjungan orang tertinggi Diperintahkan Kabupaten Kepulauan Meranti itu turut mendampingi Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr. Aready, Kepala Dinas PU H. Herman, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Kabid Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Meranti Syahril dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam peninjauan Wakil Bupati mendapati fisik gedung pelabuhan RoRo Insit laut lengkap dengan lampu penerangan yang dibangun dengan Dana APBN Tahun 2017-2018 sebesar 140 Miliar sudah tuntas 100 persen. Tinggal lagi jalan penghubung atara pelabuhan dengan jalan utama sepanjang kurang lebih 8 Meter masih terkendala, selain itu Pemerintahan Kabupaten Meranti juga akan menggesa pekerjaan kontruksi peningkatan jalan M. Yakup Insit laut sepanjang 1.3 KM dan Lebar 10 M yang akan menjadi jalan akses menuju pelabuhan serta untuk menuntaskan nya, Pemkab Meranti Meranti telah menyiapkan anggaran sebesar 10 Miliar.

Untuk proyek pekerjaan kontruksi peningkatan jalan M. Yakup Insit Laut sepanjang 1.3 KM seperti dijelaskan Rahmat dari Dinas PU Meranti, sedang dalam proses lelang dan tak lama lagi mulai dikerjakan.

"Ini sudah dalam proses lelang, selesai lelang akan langsung kita bangun semoga sebelum lebaran selesai," ujar Rahmat selaku PPTK dari Dinas PU Meranti.

Sementara untuk pengerjaan jalan keluar gedung pelabuhan menuju jalan utama yang sedikit curam sepanjang 8 Meter akan dikerjakan oleh Dinas PU Meranti berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan sebagai tambahan selain jalan akses ini Pemkab Meranti juga akan membangun pelataran parkir kendaraan yang tepat berada dibelakang gedung pelabuhan RoRo. 

"Saya minta dibuatkan area parkir kendaraan segera lakukan ganti rugi lahan dengan melibatkan tim apreisal," ucap Wakil Bupati kepada Dinas terkait.

Menyikapi permintaan dan target yang diberikan oleh Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim, dua kepala Dinas terkait optimis dapat merealisasikannya karena dari hasil peninjauan tidak ditemukan kendala. Untuk menggesanya terlihat Kepala Dinas PU H. Herman dan Kepala Dinas Perhubungan Meranti Dr. Aready langsung berkoordinasi dengan jajaran untuk segera menyusun rencana menuntaskan pembangunan infrastuktur pendukung ini.

Ditempat terpisah Pj desa Insit Amri Selamat mengatakan, pembangunan di desa insit sudah terlihat sangat bagus dan baik. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti sudah memberikan Pembanguan yang cukup berguna untuk masyarakat insit serta masyarakat Pulau Tebingtinggi yakni Penyebrangan Roro Insit Laut. 

"Dengan adanya Pembanguan ini, tentunya daerah yang jauh dari perkotaan ini sudah terlihat kota bahkan sebelum beroperasi saja banyak sekali pengunjung yang datang ke lokasi tersebut,(Roro, red), " ungkapnya. 

Dengan adanya Pembanguan, ini merupakan upaya Pemerintah Meranti dalam memajukan daerah serta masyarakat Desa Insit harus selalu mendukung kinerja yang dilakukan  pemerintahan kabupaten untuk desa insit.

"Kami dari Pemdes desa mendukung Pembanguan yang dilakukan Pemkab Meranti, bahkan desa insit apabila Roro suda berjalan akan terlihat seperti kota besar nantinya, " tambah nya.

Sebelumnya Wakil Ketua DPRD Kepulauan Meranti, Muzamil Baharuddin bersama Ketua Komisi B Darwin Susandi, didampingi anggota Dedi Putra dan Darsini, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kepulauan Meranti Dr H Aready juga meninjau Pelabuhan penyeberangan kapal roll on - roll off  (Ro-Ro) di Desa Insit.

"Proyeksi kita Insyaallah pada saat hari raya idul fitri tahun ini bisa dipergunakan oleh masyarakat Meranti yang menggunakan roda 4 dari pekanbaru menuju Buton dan selanjutnya menuju ke Desa Insit ini," kata Muzamil, saat meninjau langsung progres pembangunan tersebut.

Muzamil mengatakan bahwa dipakainya Pelabuhan Roro untuk jalur penyeberangan dari dan menuju Pulau Sumatera dikarenakan sampai saat ini akses Roro Kampung Balak belum bisa dilalui.

"Sampai saat ini kita belum menemukan solusi untuk permasalahan jalur Kampung Balai, disana jalannya masih tenggelam. Untuk itu Pelabuhan Roro Desa Insit ini bisa dipakai," ungkap Muzamil.

Selanjutnya, kata Muzamil pekerjaan tambahan seperti jalan pendukung akan segera dikerjakan tahun ini sudah dianggarkan melalui APBD Kepulauan Meranti.

"Jalan penghubung dari Jalan utama menuju Pelabuhan Roro sepanjang 700 meter ini sudah dianggarkan sebesar Rp 3 miliar dan akan dikerjakan tahun ini. Semoga proses lelang dan pekerjaannya sesuai dengan target yang telah kita rencanakan," harap Muzamil. (Adventorial/Aldo)