Kecantikan

Cara Alami Hilangkan Komedo Tanpa Dipencet

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RIAULINK.COM - Komedo menjadi salah satu masalah kulit wajah yang umum dialami sebagian orang. Komedo bisa menyebabkan kurangnya rasa percaya diri.

Bagaimana cara menghilangkan komedo yang bisa mengganggu penampilan? Komedo merupakan benjolan kecil berwarna hitam dan putih yang banyak ditemukan di hidung dan area sekitar mulut. Komedo terjadi karena pori-pori tersumbat sel kulit mati dan minyak. Polusi udara menyerap ke dalam pori-pori sehingga menghasilkan warna komedo menjadi hitam dan menyebabkan jerawat.

Memencet komedo kerap jadi cara untuk menghilangkan permasalahan kulit tersebut. Cara menghilangkan komedo dengan memencet ini tentu menyakitkan. Belum lagi jika ekstraksi komedo ini dilakukan sembarangan tanpa bantuan ahli, dapat menyebabkan kulit meradang, dan akhirnya menjadi jaringan parut.

Lantas bagaimana cara menghilangkan komedo selain dengan ekstraksi atau facial? Berikut sembilan bahan alami yang dapat menjadi alternatif cara untuk menghilangkan komedo hitam dan putih yang ada di wajah.

Putih Telur
Masker wajah putih telur tidak hanya membantu mencegah komedo tetapi juga dapat menyerap minyak berlebih. Putih telur membantu menghilangkan komedo hitam dan putih yang membadel menggunakan bahan utama putih telur, yaitu albumin yang bekerja mengencangkan pori-pori. Selain itu, putih telur juga dapat membuat wajah menjadi cerah.

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur: campurkan putih telur dengan satu sendok teh madu. Gunakan campuran tersebut sebagai masker satu hingga dua kali dalam seminggu.

Lidah Buaya
Lidah Buaya bisa menenangkan kulit, membersihkan pori-pori, dan juga mengontrol produksi minyak berlebih. Oleh sebab itu, lidah buaya bisa menjadi cara untuk menghilangkan komedo, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Cara menghilangkan komedo dengan lidah buaya: oleskan gel lidah buaya di wajah, lalu biarkan selama 10 menit dan bilas dengan air. Lakukan ini setiap hari untuk kulit yang bebas dari komedo.

Tomat
Tomat memiliki sifat antibakteri alami yang dapat menghilangkan komedo. Tomat juga mengandung lycopene yang memberikan efek antioksidan pada kulit dan menghilangkan semua radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan tomat: ambil tomat, kupas dan oleskan di daerah yang berkomedo sebelum tidur. Biarkan semalaman, kemudian bersihkan dengan air bersih di pagi hari.

Stroberi
Stroberi juga dapat menghilangkan komedo. Kandungan alkalinitas membantu mengurangi pembengkakan dan dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat. Buah lezat ini juga kaya akan vitamin C yang meningkatkan kelembapan kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan stroberi: campurkan satu buah stroberi dengan madu dan perasan jeruk lemon hingga menjadi pasta. Oleskan masker stroberi ini pada kulit dan biarkan selama 15-20 menit. Gunakan cara ini setiap beberapa hari sekali.

Cuka Sari Apel (Apple Cider Vinegar)
Cuka sari apel atau ACV adalah solusi ampuh untuk mengobati sejumlah masalah kulit salah satunya menghilangkan komedo. Sifat antibakteri dalam ACV akan membunuh semua bakteri berbahaya yang ada di kulit sehingga dapat membersihkan pori-pori.

Cara menghilangkan komedo dengan cuka sari apel: celupkan kapas ke cuka sari apel lalu tempelkan kapas di wajah, fokuskan di daerah yang memiliki komedo dan biarkan mengering. Lakukan ini setiap hari untuk hasil yang maksimal. Jika memiliki kulit sensitif, campurkan cuka sari apel dengan air.

Pasta Gigi
Cara mudah menghilangkan komedo berikutnya dengan menggunakan pasta gigi rasa mint. Mint dalam pasta gigi akan membuka pori-pori yang tersumbat.

Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi: oleskan pasta gigi di hidung dan biarkan mengering selama lima menit. Lalu teteskan sedikit air dan pijat dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Bilas dengan air dan gosok es batu di atas area tersebut. Pastikan gunakan pelembap setelah menggunakan cara menghilangkan komedo menggunakan pasta gigi ini.

Air Garam
Menggunakan air garam adalah cara yang lambat, namun efektif untuk menghilangkan komedo. Air garam membantu menghilangkan minyak berlebih di wajah, selain itu air garam juga memiliki sifat antibakteri ringan.

Cara menghilangkan komedo dengan air garam: campurkan 1-2 sendok makan garam ke dalam air dan bersihkan wajah dengan campuran tersebut. Jika memiliki kulit kering, gunakan pelembap setelah dibilas dengan air untuk mencegah kulit menjadi dehidrasi.

Oatmeal
Cara efektif dan efisien untuk menghilangkan komedo adalah dengan menggunakan oatmeal. Makanan yang biasa disantap sebagai menu sarapan itu dapat mengangkat sel kulit mati hingga ke akarnya. Selain itu oatmeal juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga cocok dijadikan bahan untuk eksfoliasi kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan oatmeal: campurkan dua sendok makan oatmeal dengan dua sendok makan yogurt. Tambahkan perasan lemon dan minyak zaitun. Buat pasta halus dan oleskan pada wajah. Biarkan selama 10-15 menit lalu cuci dengan air dingin. Oleskan masker ini setiap dua atau tiga hari sekali.