Parlemen

Penuhi Tuntutan Massa HMI, DPRD Inhil akan Kirim Surat ke Pusat

RIAULINK.com - DPRD Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) segera mengirimkan surat ke pusat setelah didemo massa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tembilahan.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Inhil, H Dani M Nursalam dalam pertemuan dengan massa HMI Cabang Tembilahan di Gedung DPRD, Jalan HR Soebrantas, Tembilahan, Kamis (27/12/2018).

"Kita akan melayangkan surat ke Senayan dalam waktu dekat agar pihak DPR RI bisa menyuarakan aksi solidaritas ini," kata Dani.

Sebagaimana diketahui, HMI Cabang Tembilahan melakukan pertemuan dengan pihak DPRD sebagai tindak lanjut hasil demo soal penindasan ummat Muslim Ughyur pada tanggal 18 yang lalu.

"Ketua DPRD menyambut baik, dan akan menindak lanjuti tuntutan ini ke DPR RI/Senayan," kata Ketua HMI Cabang Tembilahan, Jhoni Eka Putra.

Sekedar mengingatkan, tuntutan massa pada aksi tersebut adalah HMI meminta kepada legeslatif dan pemerintah untuk menyampaikan kepada pemerintah pusat dan DPR-RI agar mengutuk keras tindakan pelanggaran HAM Berat yg di lakukan pemerintah China kepada muslim Uighyur.

Kemudian meminta kepada pemerintah pusat untuk bersikap atas kejadian di Uighyur di forum forum internasional untuk memperjuangkan nasib muslim Uighyur. Meminta kepada DPR RI dan  Pemerintah untuk bersikap dan memboikot produk produk china.

Selanjutnya, meminta kepada pemerintah untuk bersikap dan mengusir duta besar China dari Indonesia.

Dan terakhir meminta kepada pemerintah untuk bersikap dan memutuskan hubungan bilateral jika pemerintah china tidak mengindahkan dan merespon tindakan progresif dari pemerintah atas muslim di Uighyur.