Kecantikan

Memanfaatkan Minyak Zaitun untuk Kecantikan

RIAULINK.com - Banyak orang yang memakainya minyak zaitun sebagian besar karena alasan kesehatan dan rasa lezat. Namun manfaat minyak zaitun ternyata lebih dari itu.

Minyak zaitun juga berguna banyak untuk menunjang kecantikan. Apa saja manfaat minyak zaitun dalam menjaga kesehatan kulit? Simak pemaparannya berikut ini.

Melembapkan Kulit Kering
Karena memiliki kandungan yang berguna sebagai pelembap alami, minyak ini dapat dipakai untuk melembapkan kulit kering. Kulit seperti itu memang sering memicu masalah. Selain kurang indah, rasa gatal dan iritasi bisa muncul di sana.

Minyak zaitun mempunyai kandungan olechantal. Itulah yang diketahui mampu menghilangkan rasa tidak nyaman di kulit wajah.

Guna mendapatkan manfaat minyak zaitun untuk kulit kering, disarankan untuk menggunakannya sembari mandi. Tambahkan beberapa sendok minyak zaitun ke dalam bak air hangat untuk berendam. Namun, Anda bisa juga memakainya untuk membasuh muka sebelum tidur. Hal ini akan membantu kelembapan kulit wajah terjaga.

Pembersih Kulit Wajah
Aktivitas yang tinggi membuat kulit wajah kotor. Selain itu, paparan sinar matahari, debu, dan polusi membuat kulit muka kusam. Anda memerlukan pembersih yang alami supaya kecantikan kulit tetap terawat. Manfaatkan minyak zaitun untuk membersihkan kulit wajah.

Campurkan tiga sendok teh minyak zaitun dengan lima sendok teh garam laut. Sesudahnya pijat dengan lembut di area sisi hidung dan bagian wajah lainnya yang kering.

Campuran garam dan minyak zaitun nanti akan mengelupas sisa kulit mati. Namun, pada saat yang bersamaan, kelembapan kulit wajah tetap terjaga. Manfaat minyak zaitun yang ini akan terasa sekali bagi mereka yang memiliki kulit wajah kering dan bersisik.

Memperbaiki Rambut Bercabang
Manfaat minyak zaitun bukan hanya untuk wajah. Anda bisa menggunakannya untuk menjaga kecantikan rambut khususnya memperbaiki rambut bercabang.

Kalau mengalaminya, para wanita pasti mengeluhkannya. Rambut akan susah diatur dan terlihat kasar. Kondisi itu terjadi karena banyak hal mulai polusi hingga paparan sinar matahari berlebihan yang merusak rambut.

Gunakanlah minyak zaitun untuk mengolesi kulit kepala dan rambut usai keramas. Nanti kandungan vitamin A dan vitamin E yang merupakan antioksidan di dalam zaitun akan menunjukkan manfaatnya. Minyak zaitun akan melembapkan kulit kepala dan rambut sehingga rambut bercabang hilang.

Menghilangkan Ketombe di Rambut
Ketombe di rambut jelas tidak menyenangkan. Rambut akan terasa gatal dan kotor karena sejumlah bagian kulit kepala terkelupas. Untuk menghilangkannya, cobalah minyak zaitun yang dipadu dengan sari jeruk lemon.

Caranya campur sari lemon dan minyak zaitun dengan air. Usahakan takarannya seimbang. Setelah itu, siramkan ke kulit kepala dan pijat pelan-pelan selama sekitar 20 menit. Sesudah selesai segera dibilas.

Disarankan untuk melakukannya seminggu sekali. Jika rutin melakukannya, manfaat minyak zaitun akan terlihat nyata. Hal itu dikarenakan kandungan asam alami di dalam jus lemon berperan mengikis lapisan ketombe. Minyak zaitun yang berfungsi sebagai pelembap akan melembapkan lapisan kulit kepala yang baru.

Minyak zaitun bisa diperoleh dengan mudah di berbagai supermarket. Kalau tidak mau repot memperolehnya, cukup manfaatkan layanan honestbee. Ini merupakan jasa layanan pengantaran belanja terpercaya yang praktis.