Galeri Foto

Pemkab Siak Terus Berinovasi Melaksanakan Pelayanan Publik

RIAULINK.COM, SIAK - Pemerintah Kabupaten Siak terus berinovasi dan melakukan berbagai terobosan, melaksanakan pelayanan publik. Senin (15/4/2019).

Hal ini, tentunya langkah maju untuk memberikan kemudahan mendekatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Saat ini saja, Pemkab Siak telah memberlakukan sistem pelayanan terpadu satu pintu oleh Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP) Kabupaten Siak. Saat ini model pelayanan publik yang diperkuat Online Tracking Sistem, telah melayani 36 perizinan.

"Semua ini, tentunya untuk memudahkan masyarakat, untuk melakukan segala bentuk perizinan, dan segala pengurusan perizinan.  Sehingga tidak ada alasan lagi,  bahwa mengurus segala perizinan itu dipersulit, " ungkap kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak H Heriyanto.  


Ia mengatakan, saat ini segala macam pengurusan  telah diperkuat dengqn aplikasi yang dibuat sebelumnya, yakni dengan cara keberadaan website yang selalu update, sistem informasi pelayanan terpadu, penggunaan Barcode/QR Code untuk mengecek keabsahan perizinan, saluran komunikasi SMS Center dan pengaduan online.

Kemudian penilaian perizinan berbasis tablet, implementasi dari aplikasi arsip digital, sistem perizinan online tracking sistem, penerapan warning sistem, serta aplikasi tanda tangan dan stempel elektronik, sehingga memudahkan masyarakat dan pelaku usaha untuk mengurus perizinannya.

"Pihak KPK sebelumnya telah melakukan peninjauan ke kantor DPMPTSP Siak, untuk langsung melihat proses perizinan dan pemanfaatan sistem tersebut. Terobosan dan inovasi dengan memanfaatkan sistem teknologi informasi yang dibuat tanpa biaya, karena dibangun oleh tim IT yang ada di instansi tersebut, " ungkapnya. 

DPMPTSP Siak pernah meraih penghargaan terbaik nasional dari BKPM Tahun 2018. 

*Namun untuk pelayanan administrasi kependudukan. kita limpahkan ke Pemerintah Kecamatan dengan tujuan agar pelayanan publik lebih dekat dengan masyarakat dengan pertimbangan jarak tempuh antar Kecamatan dengan Ibu Kota”, jelasnya.

Sementara itu,  Bupati Siak Alfedri mengatakan,  saat ini kabupaten Siak sebagai barometer kabupaten atau kota di Provinsi Riau, karena dianggap berhasil dalam pembangunan, penataan, pelayanan, serta tanggap terhadap apa yang diinginkan masyarakat.  


Ia mengatakan bahwa Pemkab Siak selalu hadir dalam hal pelayanan serta kesejahteraan masyarakat. "Sekarang ini sudah terlihat dan diterima langsung oleh masyarakat kabupaten Siak baik di kampung atau desa pulih," katanya. 

Layanan Pemerintah Kabupaten Siak yang merupakan satu-satunya tingkat nasional diakuinya adalah berkat dukungan masyarakat. Dirinya hanya pelayan bagi masyarakat.

"Seandainya ada layanan untuk masyarakat tidak baik maka laporkan segera untuk kita benahi, baik dari tingkat pelayan dasar RT, RW, penghulu kampung / desa, Kecamatan, bahkan dinas yang dibutuhkan," pesannya. (Adv/Iqbal/Red)

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak H Heriyanto.