Kesehatan

20 Sekolah di Pekanbaru Masih Menolak Muridnya di Vaksin Measles Rubela (MR)

Ilustrasi.intr

RIAULINK.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru menyebut hingga saat ini setidaknya lebih kurang 20 sekolah di Pekanbaru masih menolak pelaksanaan Vaksin Measles Rubela (MR).

Demikian disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskes Pekanbaru, Indra Pomi, Kamis (29/11).

Namun Indra Pomi tidak merinci sekolah-sekolah mana saja yang masih menolak pelaksanaan Vaksin MR kepada murid-muridnya.

"Kebanyakan yang menolak itu sekolah-sekolah di bawah yayasan," ungkap Indra Pomi.

Melihat masih banyaknya penolakan, Indra menegaskan pihaknya akan terus mengusahakan pelaksanaan Vaksin MR di sekolah-sekolah tersebut. Seperti menggandeng beberapa pihak secara lintas sektor, terutama Dinas Pendidikan (disdik) Pekanbaru.

"Kita berharap Kepala Dinas Pendidikan bisa memberikan motivasi kepada kepala sekolah, guru dan orangtua. Walaupun sekarang sudah sangat memotivasi, tapi kita tingkatkan lagi, minimal sekolah negeri 75 persen diantaranya sudah divaksinasi," ujar Indra Pomi.

Indra Pomi menambahkan, saat ini pelaksanaan Vaksin MR di Pekanbaru baru mencapai 27 persen lebih. Angka ini jauh dari target Kementerian Kesehatan lebih kurang sebesar 95 persen.

Bahkan berdasarkan 12 kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau, pelaksanaan Vaksin MR di Pekanbaru menempati peringkat dua terbawah. Hanya lebih baik dibandingkan Kabupaten Dumai yang pelaksanaannya terendah dibandingkan seluruh kabupaten kota yang ada di Provinsi Riau.