Sosbud

Koramil 03/Tempuling Gelar Penghijauan Dalam Rangka Hari juang Kartika Tahun 2018

RIAULINK.com - Komando Distrik Militer (Kodim) menggelar kegiatan penghijauan secara serentak, melalui Komando Rayon Militer (Koramil) 03/Tempuling sebagai Koramil di Wilayah Kabupaten Inhil yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) itu.

Kegiatan pembukaan dilaksanakan di Lapangan Kantor Camat Tempuling , Kamis (29/11/2018) pagi. Tujuan kegiatan yakni mengajak masyarakat menanam pohon sebagai aplikasi keprihatinan akan lahan tandus, kosong dan kering.

Kegiatan yang dilaksanakan di sepanjang Jalan Propinsi Kecamatan Tempuling yang terletak sekitar 40 Km dari arah Kabupaten Inhil meuju Pekanbaru, koramil 03/Tempuling itu, dihadiri pihak pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Polsek Tempuling, sejumlah Persit Koramil 03/Tempuling, Tokoh masyarakat dan pihak terkait lainya. Kegiatan diawali upacara pembukaan yang dipimpin Camat Tempuling Ridwan S. Sos.M.i

Danramil 03/Tempuling Kapten Arh Sugiyono bersama Kapolsek Tempuling Kompol Surwenendi dan Camat Tempuling Ridwan S. Sos M.i berbaur dengan perangkat desa se-Kecamatan Tempuling menanam bibit pohon dikawasan pinggiran Jalan Propinsi menuju Pekan Baru.

Dalam Sambutannya, Camat Tempuling Ridwan S. Sos. M.i menghimbau peran serta maupun peran aktif perangkat desa untuk meluangkan waktunya menanam bibit-bibit pohon di Desanya masing-masing. Areal penanaman setidaknya dalam kondisi yang kurang pepohonan dan tidak mengganggu kepentingan umum.

“Saya berharap, semua perangkat desa ikut mendorong penghijauan di desanya masing-masing. Masih ada lahan yang perlu kita tanam. Tidak usah terlalu berlebih-lebihan, cukup seadanya saja dan bisa ditanam dimana saja, asalkan tidak mengganggu kepentingan umum. Usahakan lokasi yang dipilih memang sangat minim pepohonan,” terang Ridwan.

Pada kesempatan yang sama, Kapten Arh Sugiyono menyampaikan pandangannya seputar program penghijauan yang juga sering dilakukan Kodim 0314/Inhil. Menurutnya, penghijauan Dalam Rangka Hari Juang Kartika Tahun 2018 ini membawa harapan masa depan generasi berikutnya, agar kelak kondisi yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir tetap terjaga dan tidak minim penghijauan.

“Kodim Inhil sering mengadakan program penghijauan dengan bekerjasama dengan instansi lain. Banyak lokasi yang memang harus dihijaukan, termasuk sepanjang bantaran Sungai Indragiri, kanan kiri badan jalan pedesaan maupun lintas daerah. Penghijauan berdampak positif bagi generasi di masa datang,”ujar Danramil.

Berbagai jenis bibit pohon ditanam diareal ini, dari bibit sengon, trembesi hingga jenis bibit yang lain-lain.