Serba serbi

Bikin Meleleh,, Huaaah !! Ayam Kalasan Sambal Ganja

Ayam Kalasan Dicocol Sambal Ganja

RIAULINK.com - Penggemar makanan pedas di Kota semarang, mulai hari ini hingga hari Minggu 2 Desember 2018 bakal dimanjakan dengan makanan serba pedas di Festival Makanan Pedazz. Pedas mantap dengan harga terjangkau.

Festival itu digelar di Mall Sri Ratu Semarang di Jalan Pemuda. Ada 60 stand. Sebanyak 70 persen menyediakan kuliner pedas. Seperti Ayam Kalasan Sambal Ganja, Kebab Rawit, Sushi Tuna Pedas, Gudeg Mercon, dan lainnya.

"70 persen makanan pedas, sisanya pelengkap seperti minuman dan makanan yang bisa untuk semua keluarga yang datang," kata penyelenggara dari komunitas Brotherfood, Firdaus di lokasi acara, Selasa (27/11/2018).

Saat masuk ke lokasi festival, aroma pedas langsung tercium dan beberapa pengunjung sampai bersin-bersin. Saat jam makan siang, pengunjung yang datang cukup ramai. Salah satu menuyang menarik perhatian adalah Ayam Kalasan Sambal Ganja.



"Di sini juga ada sambal sambal unik seperti sambal babat, sambal paru yang bisa bertahan lama untuk dibawa pulang karena disimpan dalam kemasan. Sambal Ganja ini juga termasuk yang unik," ujar Firdaus.

Kami coba memesan Ayam Kalasan Sambal Ganja di stand Warung Sego Koyor Mak Wen. Sambil menyajikan makanannya, pemilik warung, Arif Ariya menjelaskan kalau sambal itu tidak benar-benar berbahan daun ganja, tapi merupakan sambal khas Aceh yang populer.

"Ini bahannya cabai, udang, daun jeruk, blimbing wuluh, serai muda, diulek. Oya ada cabai, terasi, dan udang digoreng dulu, bawang merahnya tidak digoreng," kata Arif.

Perpaduan antara ayam khas Yogyakarta dan sambal khas Aceh itu ternyata cukup nikmat. Ayam yang gurih empuk serasi dengan sambal yang pedas, asam dan segar. Tasa sambal udang yang enak ini bikin orang ketagihan layaknya konsumsi ganja.


"Ini memang bikin nagih, konon katanya saking enaknya sampai dikira pakai ganja," ujar Arif.

Selain menikmati masakan pedas, ada juga minuman-minuman unik. Salah satu yang kami coba adalah minuman yang pernah muncul di film Harry Potter yaitu Butter Beer. Minuman khas lainnya juga ada Manggo Thai, Dawet Semar, dan lainnya.

Firdaus menambahkan, panitia juga menggelar lomba makan pedas setiap pukul 13.00 dan pukul 19.00 WIB. Acaratahunan ini memang banyak dinanti penggemar kuliner pedas.

"Kita ada lomba makan pedas. Nanti malam kita adakan dengan tema sushi, pakai wasabi," ujar Firdaus.