Riau

Harga Kelapa Anjlok APMI Desak Pemerintah Segera Ambil Tindakan

RIAULINK.com - Mahasiswa Universitas Islam Indragiri (Unisi), Mahasiswa STAI Auliaurrasyidin Tembilahan dan Mahasiswa Universitas Terbuka (UT) unjuk rasa mengenai anjloknya harga kelapa di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Senin (26/11/2018). Massa aksi juga menuntut pemerintah pusat mengambil tindakan atas anjloknya harga kelapa.

Massa gabungan Universitas dan Sekolah Tinggi tersebut diberi nama Aliansi Pemuda Mahasiswa Inhil (APMI). Massa berkumpul sekitar pukul 3:30 Wib di bundaran pasar pagi Tembilahan, kemudian aksi selesai pukul 4:50 Wib.
 
Dari pantauan di lapangan, ada sekitar 30 mahasiswa dan pemuda yang ikut serta, bukan hanya keterwakilan Universitas dan Sekolah Tinggi, tetapi juga dari berbagai organisasi, seperti Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI).
 
Menurut salah satu peserta unjuk rasa, Taufik, yang merupakan kordinator lapangan, saat menyampaikan orasi menyebutkan bahwasanya unjuk rasa kali ini atas kepedulian terhadap harga kelapa yang semakin anjlok.
 
Unjuk rasa yang berlangsung hari ini serentak di 9 daerah yaitu Jakarta, Jogja, Malang,Makassar, Manado,Ternate,Tobelo, Jambi, dan Inhil .
 
Kami berharap agar pemerintah pusat mendengar keluhan yang kami rasakan saat ini, kemudian datang ke Kabupaten Inhil,"lanjut Taufik.
 
Diketahui, kata Taufik harga kelapa di Kabupaten Inhil perkilonya dalam bulan ini berkisar Rp500 di tingkat petani.
 
"Jika harga kelapa seperti ini bagai mana orang tua kami membiayai kami kuliah, sedangkan membiayai kehidupannya saja mereka susah,"tutupnya