HGN

Kemendikbud Hari Ini Gelar Upacara Hari Guru Nasional

RIAULINK .com - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) hari ini menggelar upacara peringatan Hari Guru. Kemendikbud menyoroti kesiapan guru menghadapi perkembangannya teknologi.

Upacara itu dilakukan di lapangan gedung Kemendikbud, Jalan Gelora, Jakarta Pusat, Senin (26/11/2018). Sekalian para pejabat kementerian tersebut, upacara juga diikuti siswa dan para guru.

"Tantangan pendidikan di abad 21 sangat berat, teknologi industri yang masuk ke semua sektor harus disikapi dengan sangat arif, untuk itu perlu guru yang profesional yang paham teknologi informasi," kata Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Supriano, yang bertindak sebagai pembina upacara.

Supriano melanjutkan, kemajuan teknologi itu tak akan mampu menghilangkan peran guru dalam membangun integritas dan kepribadian siswa. Namun dia meminta kemajuan teknologi itu juga dibarengi dengan kualitas guru.

"2019 penetrasi revolusi teknologi itu akan masuk ke berbagai sektor. Oleh karena itu peningkatan profesionalisme guru sangat penting, karena hal itu salah satu syarat utama dalam mewujudkan pendidikan berkualitas," ucapnya. 

Dia juga menyinggung kondisi infrastruktur di Indonesia saat ini. Pembangunan infrastruktur diharapkan mampu membangun kinerja guru menghasilkan siswa yang unggul.

"Pada saat kemajuan infrastrktur sudah semakin baik tak ada pilihan lain selain menyiapkan sumber daya manusia yang unggul," pungkasnya.