Lingkungan

Lagi, Puluhan Titik Api Kembali Kepung Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Titik panas atau hotspot yang menjadi indikasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan melonjak drastis di Riau. Menurut data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, hari ini terdapat 115 hotspot di delapan daerah di Riau.

"Jumlah titik panas pagi ini memang semakin banyak. Kemarin sore masih 85 titik, tapi pagi ini melonjak hingga 115 titik," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Marzuki, Kamis (22/8/2019).

Ia merincikan, hotspot tersebut tersebar di Bengkalis 7 titik, Kepulauan Meranti 10 titik, Kampar 2 titik,Kuantan Singingi 3 titik, Pelalawan 32 titik, Rohil 8 titik, Inhil 37 titik dan Inhu 14 titik.

"Dari jumlah tersebut 68 titik dipastikan adalah kebakaran hutan dan lahan karena memiliki level confidence di atas 70 persen," cakapnya.

Titik api tersebut berada di Bengkalis 4 titik, Kepulauan Meranti 7 titik, Kampar 1 titik, Kuantan Singingi 1 titik, Pelalawan 19 titik, Rohil 4 titik, Inhil 24 titik dan Inhu 8 titik.

"Kita terus mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadi kebakaran hutan dan lahan," pungkasnya.