Lingkungan

Satu Lagi Iven Tahunan di Meranti yang Ditunggu-tunggu

MERANTI, RIAULINK.COM - Iven tahunan Mandi Safar di Tasik Nambus Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti akan segera digelar. 

Untuk diketahui, kebiasaan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, setiap tahunnya diakhir Oktober, Tasik Nambus yang indah itu akan ramai dikunjungi masyarakat luar baik dari kalangan tua hingga muda bahkan anak-anak.

Dijumpai di Selatpanjang, Ketua Pokdarwis Laskar Merah Putih Tengku Fadli Fakhrudin mengakui jelang Mandi Safar persiapan sudah 60 hingga 70 % dan dirinya juga berharap menjelang akhir Oktober selesai.

Laskar Merah Putih berinisiatif menggarap Tasik Nambus itu menjadi salah satu objek wisata di Kabupaten termuda di Riau. 

Tengku Fadli Fahkrudin beserta rekan-rekan terlebih dahulu sudah berbincang kepada Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kepulauan Meranti (Kadiaparpora) Rizki Hidayat SSTP, MSi terkait wacana yang mereka lakukan, dan hal itu mendapat respons baik.

Diakui dia, selain Kadis Disparpora pihaknya juga sudah berbincang-bincang dengan Kepala Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Kepala Kantor (Kakan) Asril dan didampingi Kasinya Arif, bahkan Kepala  Desa Basri beserta masyarakat tempatan terkait hal tersebut. 

"Saya mengimbau pada saat iven diharapkan para pengunjung mengenakan pakaian Melayu beserta tanjak dan Kain songket," ujarnya. 

"Selain kami mengangkat budaya Melayu kami juga berharap akan membantu masyarakat tempatan untuk berjualan makanan dan minuman atau apa saja baik keterampilan dan lain-lain yang ada nilai jual untuk para pengunjung," tambahnya. 

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora) Kepulauan Meranti Rizki Hidayat S.STP, M.Si mengatakan saat dihubungi, ia sangat mendukung kegiatan tahunan Mandi Safar tersebut.

"Iya kami dari pihak Dinas sangat setuju apa yang dilakukan rekan-rekan Pokdarwis Laskar Merah Putih karena hal itu mengangkat nilai-nilai sejarah," kata Rizki Hidayat.

Jelasnya lagi, Mandi Safar itu adalah iven setiap tahun, dan dirinya juga berjanji selalu siap mensuport dan mengupayakan ditata sebaik mungkin terkait lokasi Tasik Nambus.