Serambi islam

23 Agustus Seluruh Jama'ah Haji Meranti Pulang Ke Tanah Air

MERANTI, RIAULINK.COM - Sebelum keberangkatan kembali ke Indonesia seluruh panitia haji menggelar rapat, dari hasil rapat diputuskan seluruh Jemaah Haji Meranti yang tergabung dalam Kloter 7 Embarkasi Antara Pekanbaru dapat pulang kampung.

Pemulangan Jemaah Haji Meranti menurut rencana akan dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2019 mendatang. 

"Dari hasil rapat persiapan kepulangan Jemaah Haji Kloter 6, Insha Allah Jemaah Haji Meranti kembali seluruhnya," jelas Ketua Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Meranti Ustadz Mustafa, melalui pesan singkatnya kepada Kabag Humas dan Protokop Meranti Hery Saputra SH.

Lebih jauh dijelaskannya, namun sebelum meninggalkan Kota Mekah para jemaah akan melakukan Tawaf Wada' atau Tawaf Perpisahan. Tawaf Wada' akan digelar pada Hari Rabu sore (21/8/2019) setelah Asyar waktu setempat.

Tawaf wada' dilakukan seperti tawaf biasa, hanya saja tidak menggunakan ihram, tidak dilanjutkan dengan sa'i dan tidak perlu memotong rambut (tahalul).

Jadi cukup jemaah tawaf 7 putaran dan solat sunah tawaf, setelah itu selesai dan jemaah lanjut ada yang pulang ke Tanah Suci dan ada juga yang ke Madinah untuk menjalankan ibadah Arbain.

Setelah melaksanakan Tawaf Wada' barulah Jemaah Haji Meranti diberangkatkan ke Bandara Jeddah. Sebagai informasi dari keterangan pihak Kadaker Bandara Jeddah-Madinah. Jemaah Haji Reguler dari Mekah harus tiba di Bandara Jenddah Madinah 8 hingga 10 Jam sebelum waktu terbang.

Jika tak ada halangan dapat dipastikan seluruh Jemaah Haji Meranti atau yang tergabung dalam Kloter 6 Embarkasi Pekanbaru, tiba ditanah air pada hari Jumat Tanggal 23 Agustus 2019.

Terkait kondisi kesehatan seluruh Jemaah Haji Meranti, dikatakan Ketua TPHD H. Mustafa, berada dalam keadaan sehat wal afiat.

"Seluruh Jemaah Haji berada dalam keadaan sehat Wal Afiat, Insha Allah semua dapat pulang ke tanah air dan menjadi haji yang mabrur," ucapnya. (Rls/Aldo)