Nasional

HUT ke-74 RI, Presiden Jokowi: Jangan Korbankan Keutuhan NKRI karena Pemilu!

Presiden Jokowi dan Jan Ethes di Istana menjelang HUT ke-74 RI.

RIAULINK.COM - Presiden Jokowi berpesan agar keutuhan NKRI dijaga dan jangan sampai dikorbankan. Ia tidak ingin adanya konflik karena perbedaan pilihan politik.

"Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah segala-galanya. Jangan sampai dikorbankan yang namanya keutuhan NKRI karena pilihan bupati, pilihan gubernur, pilihan presiden, keutuhan NKRI harus ditempatkan di tempat yang paling penting," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019).

Tema 'SDM Unggul' diambil dalam HUT ke-74 RI. Jokowi mengatakan fokus pemerintah bergeser ke pembangunan SDM berkualitas.

"Sudah kita sampaikan bahwa dalam periode yang kedua ini 5 tahun ke depan kita akan fokus, konsentrasi ke pembangunan manusia, pembangunan SDM, pembangunan sumber daya manusia, di mana dimulai dari bayi di dalam kandungan yang harus bagus nutrisinya, bagus gizinya," papar Jokowi.

Jokowi menekankan pentingnya gizi dan nutrisi diberikan sejak anak baru lahir. Selain asupan gizi, pendidikan karakter harus dibentuk sejak usia dini.

"Sebab itu, budi pekerti menjadi sesuatu yang sangat penting sekali yang berkaitan dengan etika, disiplin, tanggung jawab, yang berkaitan dengan budaya kerja keras," ujar Jokowi.