Ekonomi

Ibu-ibu Wonosari Dapat Tambahan Ilmu Pembuatan dan Pemasaran Abon Lele

INHU, RIAULINK.COM - Telah berlangsung acara "Sosialisasi Dasar-Dasar Pemasaran dan Pembuatan Abon Lele" oleh Tim Kukerta Unri pada Kamis, 15 Agustus 2019 di Desa Wonosari, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau.

Dihadiri oleh Ibu-Ibu PKK yang berada di Desa Wonosari, acara ini bertujuan untuk meningkatkan aspek ekonomi masyarakat dalam optimalisasi pengembangan pemasaran abon lele di Desa Wonosari.

Kegiatan ini dimulai dengan presentasi dasar-dasar pemasaran oleh Tim Kukerta Unri, dalam presentasi ini masyarakat khususnya ibu-ibu PKK di berikan informasi terkait pemasaran seperti 4P dan bagaimana menciptakan sebuah merk atau branding.

Tim Kukerta Unri juga menunjukan contoh merk yang di design berdasarkan dasar-dasar pembuatan merk.

Proses pembuatan abon dimulai dari pemanenan ikan lele yang dipelihara oleh Tim Kukerta Unri. Kemudian ikan lele dibersihkan dengan membuang isi perut dan merendamnya dengan air garam untuk menghilangkan lendir-lendirnya. Selanjutnya bahan-bahan dan bumbu pembuatan abon disiapkan.

Dalam proses memasak abon, Tim Kukerta Unri mengikursertakan ibu-ibu PKK.
Proses memasaknya dimulai dengan mengukus lele yang telah dibersihkan menggunakan rempah-rempah seperti daun kunyit, serai, daun salam dan daun jeruk purut.

Setelah dikukus, daging lele dipisahkan dengan kulit dan tulang agar hasil abonnya lebih baik. Daging lele selanjutnya dicampur dengan bumbu yang telah disiapkan kemudian aduk hingga merata.

Sesudah merata adonan abon digoreng hingga berwarna kecoklatan. Lalu dikeringkan menggunakan spinner. Setelah kering, abon yang telah siap dikemas dan siap dipasarkan.