Metropolis

Ssst, Ada Destinasi Wisata Baru di Rohil

ROHIL, RIAULINK.COM - Bupati Rohil H.Suyatno meresmikan kampung bersih merah putih yang terletak di Kepenghuluan Parit Aman, Kecamatan Bangko, Kamis (15/8/2019) sore. Peresmian itu ditandai dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP-PKK Rohil, Hj Wan Mardiana Suyatno.

Acara dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Rohil Drs H Jamiludin, Sekda Drs H Surya Arfan MSi, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Para Asisten, Pimpinan OPD, Kabag Humas dan Protokoler Hermanto S Sos, Camat Bangko Rijalul Fikri, Para lurah/datuk penghulu, tokoh pemuda, dan undangan lainnya. 

Camat Bangko, Rijalul Fikri dalam sambutannya mengatakan kalau jumlah kepenghuluan parit aman saat ini berjumlah 4.621 jiwa. Selain itu masih banyak terdapat kantong kemiskinan. Namun demikian, masyarakatnya banyak pemikiran untuk membangun kampung agar setara dengan kampung-kampung yang lainnya. 

Agar terhindar dari lingkaran hitam narkotika, para pemuda di kampung itu diajak untuk melakukan kegiatan positif seperti olahraga dan kegiatan positif lainnya.

"Terbentuknya kampung bersih merah putih ini berkat kekompakan masyarakatnya. Dimana masyarakatnya menghiasi rumah masing-masing menggunakan barang bekas, kemudian di setiap rumah dihiasi dengan pagar menggunakan bambu," kata Rijalul Fikri. 

Masyarakat setempat sebut Rijalul sangat mengharapkan jalan dari bundaran perkuburan hingga ke simpang dua ratus bisa diperbaiki. Karena saat jalan tersebut kondisinya rusak parah. Selain itu, penerang listrik juga sangat dibutuhkan mengingat daerah itu sangat sepi dan sunyi. 

Sementara itu, Bupati Suyatno menyampaikan kalau daerah parit aman memang banyak yang harus kita perhatikan, terutama masalah insfraruktur dan penerang listrik. "Kalau masalah jalan itu sudah diukur dan anggarannya akan dimasukkan dalam APBD. Kalau penerang jalan insya allah besok (Jumat, red) sudah dipasang," ujarnya. 

Bupati mengakui kalau ia pertama kali melihat kampung bersih merah putih ini lewat WA yang dikirimkan oleh tokoh pemuda setempat. "Kemarin saya lagi di Jakarta, begitu masuk pesan saya lihat fotonya bagus, kemudian saya tanya itu daerah mana, ternyata Parit Aman," kata Suyatno. 

Ia juga memuji kalau rumah-rumah warga terlihat begitu cantik. Makanya di perayaan Hut RI ke-74 ini akan dinilai rumah yang tercantik. "Juara pertama akan kita bantu uang tunai sebesar Rp2,5 juta. Juara kedua Rp2 juta, dan juara ketiga Rp1,5 juta," tutup Suyatno.(dgt)