Kesehatan

Selain ISPA, Ini Penyakit yang Serang Masyarakat Pekanbaru Akibat Asap

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Kota Pekanbaru telah menetapkan status siaga darurat asap. Hal ini setelah banyaknya masyarakat yang mulai terserang penyakit akibat kabut asap. Namun, tidak hanya ISPA yang diderita masyarakat, akan tetapi penyakit lainnya juga menyerang.

“Dari data yang kita peroleh, ada juga masyarakat yang terkena penyakit lainnya akibat kabut asap ini. Diantaranya, asma, iritasi mata, iritasi kulit dan lainnya,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Kota Pekanbaru, Maisel Fidayesi, Selasa (13/8/2019).

Maisel menambahkan, penyakit ISPA masih menjadi yang terbanyak dibandingkan jenis penyakit lainnya akibat kabut asap ini.

“Berdasarkan pemantauan pengobatan penyakit di seluruh Puskesmas sudah mulai kami lakukan karena penderita ISPA di Pekanbaru masih menjadi penyumbang kasus terbanyak akibat kebakaran lahan dan hutan,” cakapnya.

Seperti yang diketahui, bencana kabut asap telah menyelimuti Kota Pekanbaru kurang lebih selama beberapa pekan terakhir. Bahkan Pemerintah Kota Pekanbaru telah mengeluarkan status siaga karhutla karena sudah ribuan masyarakat yang menderita penyakit ISPA.