Metropolis

Menaruh Asa Program Nasional Berpihak ke Inhil

INHIL, RIAULINK.COM - Wakil Bupati H Syamsuddin Uti menghadiri acara Konsultasi Regional (Konreg) dalam upaya menyinergikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dengan penyusunan Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, di Hotel Adimulya, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (13/8/2019).

Acara yang dihadiri Wakil Bupati Inhil ini dibuka langsung Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro.

Disela-sela kegiatan Wakil Bupati Inhil mengungkapkan pemerintah pusat sangat mendukung rencana pembagunan disetiap daerah, khususnya di Kabupaten Inhil. Karena itu menurutnya sangat penting berlangsungnya kegiatan Konreg dalam upaya menyatukan serta bersinergi antara pemerintah pusat dan daerah sebagai langkah mendorong pembagunan disetiap daerah. 

Menurutnya dari sinilah pemerintah berintegrasi dengan program pemerintah pusat. Dirinya berharap Kabupaten Inhil bisa mendapat prioritas dalam RPJMD dengan penyusunan RPJMN 2020-2024. 

"Kita tentu berharap Inhil mendapatkqn prioritas dalam program-program pusat pada tahun 2020-2024 mendatang," ujar Syamsuddin Uti yang akrab disapa Abah SU. 

Selain itu diungkapkan SU, apa yang telah dirancang oleh BAPPENAS dalam RPJMN sudah sangat baik demi kesejahteraan raykat di daerah.

Sementara itu, Menteri PPN/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam acara tersebut menjelaskan bahwa terdapat 7 (tujuh) agenda pembangunan dalam rancangan teknokratik RPJMN 2020-2024 yaitu pertama, memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas; kedua, mengembangkan wilayah untuk mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan; ketiga, mewujudkan pembangunan manuasia yang berkualitas dan berdaya saing; keempat, membangun kebudayaan dan revolusi mental.

Kelima, memperkuat infrastruktur untuk mendukung pengembangan ekonomi dan pelayanan dasar; keenam, membangun lingkungan hidup, meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim; ketujuh, memperkuat stabilitas polhukhankam dan transformasi pelayanan publik.

“Pembangunan lima tahun kedepan akan berfokus pada lima prioritas nasional sesuai arahan Presiden Terpilih yaitu terkait pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, mendorong investasi, reformasi birokrasi, dan penggunaan APBN yang fokus dan tepat sasaran,” jelas Bambang. (Ray)