Lingkungan

Peralatan 'Tempur' Pemadam Kebakaran Lahan di Kampar Ditambah

Bantuan 10 mesin pompa air untuk tim satgas di Kabupaten Kampar.

KAMPAR, RIAULINK.COM - Untuk membantu penanganan Karhutla di wilayah Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, Kapolres Kampar bersama Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar meminjamkan 10 unit mesin pompa air kepada Pemerintah Desa Rimbo Panjang.

Peralatan ini dibawa langsung oleh Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira bersama Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Ir Aliman Makmur, Msi, Phd dan Kasdim 0313/ KPR Mayor Inf Gunawan. N.

Turut hadir menyaksikan penyerahan peralatan ini beberapa Personel Polsek Tambang, Babinsa, Perangkat Desa dan Masyarakat Peduli Api Desa Rimbo Panjang serta staf DLH Kabupaten Kampar.

Peralatan ini merupakan bantuan dari pihak swasta yang berempati kepada masyarakat, atas terjadinya kebakaran lahan dan hutan di wilayah Provinsi Riau termasuk di Kabupaten Kampar yang perlu penanganan serius.

Peralatan ini diserahkan secara simbolis di halaman Kantor Desa Rimbo Panjang melalui Kaur Pemerintahan Desa untuk digunakan mengatasi kebakaran lahan yang terjadi di wilayah Desa Rimbo Panjang.

"Bahwa peralatan ini dipinjamkan untuk menanggani Karhutla yang terjadi di wilayah Desa Rimbo Panjang, namun bila terjadi Karhutla di desa lainnya maka peralatan ini dapat digeser atau dipinjamkan ke wilayah tersebut," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Aliman Makmur.

Selain menyerahkan peralatan pompa air juga diserahkan bantuan dana operasional untuk Masyarakat Peduli Api Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang sebesar Rp1 juta.

Sementara itu Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira mengatakan, mesin pompa air ini dapat beroperasi selama 2 jam nonstop dan selanjutnya harus didinginkan dulu agar mesin dapat beroperasi dengan optimal.

"Kita harus menangani Karhutla yang terjadi di Desa Rimbo Panjang ini secara maksimal dan tuntas serta berupaya agar tidak terjadi lagi karhutla di wilayah Kabupaten Kampar, untuk itu diperlukan kerjasama serta kepedulian semua komponen," jelas Kapolres. (wan)