Lingkungan

Peduli Lingkungan, Mahasiswa KKN UR Tanam Mangrove di Pantai Bengkalis

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Mahasiswa KKN Universitas Riau melakukan penanaman bibit mangrove bersama warga setempat pada Kamis (8/8/2019) di Desa Api-Api, Kecamatan Bandar Laksamana, Bengkalis.

Penanaman ini diinisiasi oleh para mahasiswa atas dasar keprihatinan terhadap abrasi pantai yang selalu terjadi.

"Kami mendengar keresahan pemerintah desa mengenai abrasi dan berinisiatif melaksanakan penanaman mangrove ini dengan harapan dapat mengurangi dampak abrasi" ujar Thaariq, Koordinator Desa KKN UNRI.

Acara dimulai pada sore hari dan dihadiri oleh Kepala Desa Api-Api, Ketua BPD, serta perangkat desa. Turut hadir pula pemuda desa, kelompok PKK, serta warga yang meramaikan kegiatan penanaman ini.

Kegiatan dimulai dengan penyerahan bibit mangrove secara simbolis dari perwakilan mahasiswa KKN kepada Kepala Desa dan Ketua BPD Desa Api-Api dilanjutkan dengan penanaman secara simbolis. Setelah itu, diikuti oleh penanaman massal oleh seluruh warga yang hadir.

"Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas kegiatan yang ditaja oleh mahasiswa ini karena dapat membantu mengurangi dampak abrasi di pantai desa kita" terang Kepala Desa Api-Api dalam sambutannya.

Semua pihak yang hadir berharap kedepannya agar bibit yang ditanam dapat hidup dan menjadi solusi untuk mengatasi abrasi pantai yang terjadi di desa Api-Api. Kegiatan pun ditutup dengan foto bersama seluruh warga yang hadir serta mahasiswa KKN UNRI.(*)