Kesehatan

Wabup Inhil: Saya Bolak-Balik Ketemu Menteri Biar Rumah Sakit Kita Ini Indah

INHIL, RIAULINK.COM - Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil), H Syamsuddin Uti melakukan kunjungan ke RSUD Puri Husada Tembilahan, Kamis (8/8/2019). 

Didampingi Kabid Pelayanan Medis dan Penunjang Medis RSUD Puri Husada dr Rahmat Susanto dan Peneliti Kedokteran Prof Dr Josh Riono MSc MPH PhD, kunjungan ini bertujuan untuk meninjau pelayanan di RSUD tersebut.

H Syamsuddin Uti mengatakan bahwa Pemkab Inhil berencana untuk meningkatkan status pembangunan RSUD Puri Husada ini menjadi berskala Nasional.

"Ya imagine boleh saja. Kita mau bangun nanti tingkat empat dan ini memang saya dorong. Saya sudah sering ke Menteri Kesehatan dan ke Bappenas bolak-balik mau cari uang mau bikin rumah sakit kita ni indah," terang Wakil Bupati yang akrab diapa Abah SU ini.

Selain itu, dua RSUD lainnya yang ada di Utara dan Selatan Kabupaten Inhil, yakni RSUD Raja Musa yang terletak di Sungai Guntung Kecamatan Kateman dan RSUD Tengku Sulung di Pulau Kijang Kecamatan Reteh juga direncanakan akan ditingkatkan kualitasnya.

"Nanti rumah sakit di Guntung dan di Pulau Kijang juga akan dibaguskan supaya nanti orang dari Utara dan Selatan tidak perlu lagi jauh-jauh berobat datang ke Tembilahan," tutur Syamsuddin Uti.

Diakui Wakil Bupati saat ini yang menjadi kendala besar adalah kurangnya SDM di RSUD Raja Musa dan RSUD Tengku Sulung. Oleh sebab itu, dirinya menegaskan kepada Tenaga Kesehatan untuk mempersiapkan diri dan bersedia ditugaskan di manapun.

"Jadi siap-siap saja SDM-nya, nanti saya lempar ke Guntung, ke Pulau Kijang harus terima. Ingin mendaftar PNS di bidang kesehatan harus ikut aturan. Karena kita kekurangan SDM untuk di Guntung dan Pulau Kijang. Kalau SDM-nya banyak, sama dokter spesialisnya di sana kita lengkapi, untuk standarisasinya tu harus dilengkapi dengan dokter spesialis yang sesuai," paparnya.

Senada dengan hal yang disampaikan Wakil Bupati, Dr Josh Rianto berujar memang masih ada beberapa hal yang harus ditingkatkan oleh RSUD Puri Husada demi mencapai status RSUD berskala Nasional.

"Ya memang harus ditingkatkan untuk dapat dimanfaatkan kepada masyarakat," sebutnya singkat.

Sementara itu, Kabid Pelayanan Medis dan Penunjang Medis RSUD Puri Husada mengucapkan terimakasih atas saran yang telah diberikan oleh Wakil Bupati dan Dr Josh Rianto.

"Banyak masukan Beliau untuk rumah sakit untuk meningkatkan pelayanan, terutama dari segi IT. Mudah-mudahan nanti kami bisa memenuhi saran-saran Beliau sehingga pelayanan lebih baik lagi," pungkasnya.(ray)