Lingkungan

Mahasiswa-Pemuda Bergerak, Air Terjun Batu Dinding Makin Terjaga

TANJUNGBELIT, RIAULINK.COM - Mahasiswa Kukerta Terintegrasi Universitas Riau tahun 2019 di Desa Tanjung Belit,  Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar sejak 5 Juli 2019 melakukan kegiatan pembangunan sarana perbaikan marka jalan di Air Terjun Batu Dinding. Kegiatan ini sebagai salah satu program kerja dari tim  Kukerta.

Kegiatan ini dilakukan bersama pemuda dan pemudi setempat melakukan pengerjaan sarana air terjun batu dinding dalam perbaikan marka jalan. Di antaranya berupa penunjuk arah dan juga jarak yang tertera di papan kayu yang ditandai dengan jarak 'meter'atau 'kilometer'di sepanjang akses jalan menuju air terjun.

Wakil Ketua Pemuda Desa setempat yang kerap disapa Bang Wel menyampaikan, kegiatan ini sangat bagus. "Kalau bukan dari kita yang mulai bergerak, lalu siapa lagi,” ujarnya.

“Belakangan ini banyak wisatawan yang berkunjung ke air terjun, namun banyak yang meninggalkan yang dapat menimbulkan pencemaran lingkungan di sekitaran area air terjun," katanya.

Warga Desa Tanjung Belit sangat menyambut baik program kerja perbaikan sarana khususnya marka jalan dan penyediaan tempat sampah di sepanjang air terjun.

Kepala Desa Tanjung Belit, Efri Desmi, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa Kukerta Terintegrasi Tanjung Belit.

Selain marka jalan, Mahasiswa Kukerta Terintegrasi Unri membuat tempat sampah yang diletakkan di pintu masuk air terjun. Turut dipasang spanduk imbauan tidak membuang sampah sembarangan.

Hasil dari upaya ini diharapkan wisatawan yang berkunjung ke wisata air terjun lebih peduli terhadap lingkungan, sehingga lingkungan di sekitaran air terjun masih tetap asri dan bebas dari sampah.(*)