Ekonomi

HUT Ke-74 RI, Berkah Bagi Pedagang di Bengkalis

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Sudah menjadi hal biasa, setiap tahun jelang Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia, diwarnai dengan banyaknya pedagang musiman Bendera Merah Putih. Momen ini begitu meriah yang dimulai rata-rata dua pekan jelang peringatan.

Tak ubahnya seperti yang terpantau di Kabupaten Bengkalis, salah satu kabupaten di Provinsi Riau. Cukup banyak pedagang musiman yang menambah penghasilan dengan menjual atribut-atribut yang berbau Merah Putih.

Kang Uus salah satunya. Baginya, momen ini merupakan jalan untuk menambah pencaharian. Ia mengaku sudah 4 hari berjualan di pinggir Jalan Antara, Kota Bengkalis.

"Sudah 4 hari Saya berjulan di Bengkalis, dan sudah setiap tahun menjelang peringatan Kemerdekaan Negara Ripublik Indonesia, sudah biasa berjualan di Kota Bengakalis. Alhamdulillah dalam  4 hari ini ada saja yang beli," jelas Uus. 

Dijelaskannya, untuk harga sendiri bervariatif, tergantung model dan besar atributnya. Mulai dari harga Rp40 ribu sampai dengan Rp300 ribu.

"Hari puncaknya adalah seminggu jelang 17 Agustus, itu cukup ramai yang beli. (Pembeli, red) ada yang dari Bengkalis sendiri ada juga yang dari luar Bengkalis," jelasnya.

Baginya, HUT RI bukan hanya sekadar mencari rezeki, tetapi juga perenungan bagaimana sulitnya para pahlawan negara ini untuk bisa menancapkan Bendera Merah Putih sebagai tanda kemerdekaan untuk negara ini.

Ia berpesan agar para generasi muda tidak melupakan sejarah bagaimana bangsa ini terbentuk. Bagaimana Bendera Merah Putih ini bisa mempersatukan dan menjadi pengakuan bagi negara-negara lainnya.(fen)