Riau

Belum Usulkan Calon Wakil, Pemprov Riau Akan Kembali Surati Tiga Bupati ini

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie.

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Tiga bupati di Provinsi Riau hingga kini belum juga mengusulkan calon wakil bupati untuk pendamping. Ketiga kepala daerah itu yakni Bupati Rohul Sukiman, Bupati Siak Alfedri dan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto.

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, saat dikonfirmasi perihal tersebut mengatakan, terkait penunjukan wakil bupati tersebut pihaknya sudah mengirim surat kepada masing-masing kepala daerah tersebut.

"Dulu pak Gubernur sudah sudah menyurati tiga bupati itu agar segera mengusulkan wakilnya. Tapi sampai sekarang belum ada diusulkan," kata Ahmad Syah kepada wartawan, Sabtu (26/7/2019).

Ditanya apa alasan ketiga bupati itu belum mengusulkan pendampingnya, Ahmad Syah menyatakan mereka masih meminta waktu untuk melakukan komunikasi dengan partai koalisi dan pendukung.

"Saat kita surati, mereka meminta waktu. Dan itu tidak bisa kita paksakan mereka harus cepat, karena ini kewenangannya ada di sana," ujarnya.

Meski demikian, lanjut Ahmad Syah, upaya yang bisa dilakukan Pemprov Riau hanya sebatas mengingatkan agar tiga bupati itu segera menunjuk wakilnya.

"Paling nanti kita surati lagi tiga bupati itu untuk mengingatkan. Karena dalam aturannya 18 bulan sebelum akhir masa jabatan harus ada usulan, lewat dari itu tak bisa lagi. Memang dalam aturan juga tidak ada sanksi ketika mereka tidak mengusulkan wakil," jelasnya.