Ekonomi

2020, Dumai Mendapat Tambahan Kuota 5000 Jaringan Gas SR

Keterangan gambar : jaringan gas bumi

DUMAI, RIAULINK.COM - Kota Dumai mendapatkan kuota penambahan jaringan gas bumi pada tahun 2020 mendatang.

Dengan adanya penambahan ini, yang semula jumlah sambungan rumah (SR) sebanyak 4.810 jaringan kini bertambah menjadi 5000 SR yang berarti ditotalkan sebanyak 9.810 SR.

Hal itu disampaikan oleh Hendri Sandra selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Dumai usai rapat koordinasi kegiatan penyusunan FEED-DEDC dan dokumen upaya pengelolaan lingkungan hidup (UKL) dan upaya pemantauan lingkungan hidup (UPL) pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga tahun anggaran 2020 di Royal Kuningan Hotel Jakarta baru - baru ini.

Dikatakannya, dari 54 kabupaten dan kota yang hadir, Kota Dumai yang diprioritaskan sebagai salah satu daerah mendapatkan tambahan jaringan gas bumi sebagaimana diusulkan Pemerintah Kota Dumai kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI pada tanggal 26 Juni 2019 lalu.

Pembangunan jaringan gas itu sendiri dibiayai melalui APBN tahun 2019. Nilai investasi untuk 4.810 jaringan gas bumi untuk 4.810 SR sebesar 43 miliar rupiah.

"Karena rumah tangga yang mendapatkan jaringan gas tidak dipungut biaya,"paparnya.

Proyek jaringan gas bumi, termasuk jaringan gas bumi untuk rumah tangga, masuk ke dalam proyek strategis nasional. 

Ini sesuai dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia dengan tujuan mengurangi impor elpiji, mengurangi subsidi terhadap pemakaian elpiji dan memberikan akses bagi masyarakat untuk mendapatkan bahan bakar yang lebih hemat biaya.

Penggunaan bahan bakar gas bumi jauh lebih hemat dari elpiji. Harga rata-rata 5 ribu rupiah per meter kubik. 

"Untuk keperluan rumah tangga diperkirakan 10 meter kubik per bulan atau sekitar 50 ribu rupiah saja. Penggunaan gas alam sangat aman, sebab tekanan gas dan esmisi gas buang sangat rendah,"jelasnya.

Tentunya sebagai pemerintah daerah, pihaknya sangat mengapresiasikan pemerintah pusat yang telah memberikan bantuan alokasi jaringan rumah tangga.

“Kita berharap masyarakat mendukung dan memanfaatkan kesempatan pemasangan jaringan secara gratis nantinya, sesuai keinginan Wali Kota Dumai,”tukasnya.(Kll)