Hukrim

Hingga Juli 2019, Kejari Dumai Telah Menerima 243 Perkara

DUMAI, RIAULINK.COM - Kejaksaan Negeri Dumai hingga Juli 2019 telah menangani 243 perkara yang diterima

233 perkara diantarnya sudah memasuki masa penuntutan dan 83 perkara didominasi oleh kasus narkoba.

Hal ini diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Kota Dumai, Mata Perang Yusuf dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/7/2019).

Diakuinya masih tersisa 11 perkara lagi yang masih dalam proses dan belum sampai ke tahap penuntutan jaksa.

"Penanganan perkara dilakukan sesuai prosedur berlaku dan sejauh ini kita berkoordinasi baik dengan kepolisian dalam penyelesaian perkara," katanya memaparkan.

Dijelaskan, selain menangani perkara narkotika, Kejari Dumai juga memproses pelaku pidana umum yang terlibat dalam perkara orang harta benda, penggelapan, penganiayaan, kebakaran lahan, perlindungan anak dan perempuan serta lainnya.

Sedangkan, di sepanjang tahun 2018 lalu, Seksi Pidana Umum Kejari Dumai menerima sebanyak 813 perkara dengan 736 perkara sudah disidangkan hingga ke penuntutan dan 77 perkara belum ada perkembangan dari kepolisian.

Terhadap perkara belum ada perkembangan, Kejari Dumai melakukan langkah langkah sesuai prosedur.

"Misalnya, meminta penjelasan dari kepolisian dan menyampaikan proses penagihan perkara agar dapat segera dimulai persidangan," paparnya

"Perkara tidak ada perkembangan tentu saja kita lakukan proses penagihan ke kepolisian atau meminta pejelasan untuk dapat ditindaklanjuti,"tukasnya. (rls/kll)