Kesehatan

Cegah Anemia, Puskesmas Panipahan Bagikan Tablet Tambah Darah di Beberapa Sekolah

ROKAN HILIR, RIAULINK.COM - Salah satu Program Puskesmas Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) adalah pemberian FE (Tablet Tambah Darah). Pelaksaan kegiatan terpusat di SMAN1 Palika, Senin (22/7/2019).

Kepala Puskesmas Panipahan dr Hj.Netti Juliana mengatakan bahwa program ini masuk kedalam kegiatan bidang promosi kesehatan dan bidang kesga Gizi Puskesmas Panipahan. Kegiatan Pemberian dan monev TTD Remaja putri disekolah baik tingkat SMP maupun tingkat SMA akan dilaksanakan pada beberapa titik sekolah yang ada di Panipahan.

'"Pemberian FE pada peserta didik untuk 1 tahun, diminum seminggu sekali 1 tablet,  saat Kegiatan ini berjalan respon murid sangat baik mereka aktif bertanya dan jadi tau manfaat tablet tambah darah," katanya.

 Pihak Sekolah  menyambut baik adanya Program ini mereka mendukung adanya kegiatan-kegiatan seperti ini dari pihak Puskesmas. Mengingat tablet tambah darah sangat banyak memberikan manfaat, apalagi untuk kesehatan remaja putri.

Manfaat lain dari FE ini diantaranya, untuk mecegah Anemia pada Remaja Putri. disamping untuk mencegah Anemia, mengkonsumsi TTD secara rutin dapat meningkatkan Kecerdasan Siswi.
dengan mengkonsumsi TTD secara rutin diharapkan nantinya calon pengantin putri sudah siap kesehatan reproduksinya.

Tak hanya sampai pada hari ini saja pihak Puskesmas esok hari akan melaksnakan kegiatan di Madrasah Aliyah (MA) dan MTS Islahiyah tentang pemberian tablet darah dan pembinaan kesehatan remaja bersama drg. Wanda Renhard Sitindaon sebagai penanggung jawab program UKS/UKGS.

drg. Wanda Renhard Sitindaon akan memberikan penyuluhan tentang UKS dan Kebersihan Kesehatan Gigi dan Mulut.

"Kita berharap antusias pelajar juga meningkat dengan mengikuti acara sampai akhir karena banyak sekali manfaatnya." pungkas Nety. (dgt)