Metropolis

Syamsuar Dorong Pihak Swasta Kelola Stadion Utama Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Provinsi Riau berencana menyerahkan pengelolaan stadion utama Riau kepada pihak swasta. Hal ini dilakukan agar kondisi stadion yang kurang terawat bisa teratasi.

Hal itu dikatakan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar disela pelantikan pengurus Asprov PSSI Riau, Senin (22/9/2019).

"Untuk venue (stadion utama Riau) itu Insya Allah akan cari usaha untuk merawatnya," kata Syamsuar.

Dijelaskan Syamsuar, mengenai pengelolaan stadion utama yang merupakan eks venue PON Riau 2012 itu sudah diberitahukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi saat berkunjung ke stadion tersebut beberapa waktu lalu.

Bahkan katanya, Menpora sudah menghubungi pengusaha untuk membantu perawatannya. Namun, tidak dijelaskan seperti apa teknis pengelolaan stadion utama Riau tersebut oleh pihak swasta.

"Kami harap pak Menpora dapat selalu mensupport kelanjutan kunjungan beliau yang pernah ke stadion utama Riau," harapnya.

Saat ini katanya, stadion utama Riau masih dikelola Pemprov Riau melalui, Dinas Pemuda dan Olahraga.

Kedepan, pihaknya akan mencontoh daerah yang sukses mengelola venue, seperti Sumatera Selatan.

"Tadi kami dapat masukan dari Ketua Umum PSSI, agar kita belajar dari pengurus Asprov PSSI Sumatera Selatan, karena mereka ada bantuan pengelolaan stadion di sana. Nanti kami akan studi banding ke sana, agar pengelola venue ini tak menjadi beban pemerintah daerah," ujarnya.

Hal itu sebut Syamsuar agar venue stadion utama Riau dapat termanfaatkan untuk latihan para atlet. Karena selama ini untuk meningkatkan prestasi anak-anak namun biaya untuk latihan sangat mahal. (***)