Sport

Final Indonesia Open 2019 Pertemukan Kevin-Marcus VS Moh Ahsan-Hendra Setiawan

RIAULINK.COM - Final Indonesia Open 2019 menampilkan duel  Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menghadapi Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Kevin/Marcus dan Ahsan/Hendra berhasil mempersembahkan All Indonesian Final di nomor ganda putra setelah melangkahi lawan-lawannya di babak semifinal. Kevin/Marcus menaklukkan Li Junhui/Liu Yuchen sedangkan Ahsan/Hendra menyudahi perlawanan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Kepastian duel Kevin/Marcus lawan Ahsan/Hendra di babak final membuat Indonesia telah mengamankan satu gelar dari ajang Indonesia Open dan terhindar dari bencana hampa gelar.

Menilik rekor pertemuan di antara kedua ganda, Minions unggul 6-2 dalam duel lawan The Daddies. Pertemuan terakhir kedua ganda ini ada pada final Indonesia Masters 2019 di awal tahun ini.

Saat itu, Kevin/Marcus berhasil tampil dominan dan membuat pola permainan Ahsan/Hendra tak berkembang. Kevin/Marcus menang dua gim langsung, 21-17, 21-11.

Kevin/Marcus juga tak pernah kalah dari Ahsan/Hendra sejak mereka melesat masuk ke papan atas dalam peringkat ganda putra dunia. Terakhir kali Ahsan/Hendra menang atas Kevin/Marcus adalah pada Malaysia Terbuka 2016.

Setelah Kevin/Marcus menunjukkan performa menanjak, mereka selalu berhasil mengatasi perlawanan Ahsan/Hendra di lima pertemuan berikutnya.

Kevin/Marcus sendiri menjalani Indonesia Open 2019 dengan nyaris sempurna. Setelah sempat dipaksa bermain rubber game di babak pertama ketika menghadapi Takuto Inoue/Yuki Kaneko, Minions kemudian tak menemukan masalah saat menghadapi tiga lawan berikutnya.

Dalam laga lawan Li Junhui/Liu Yuchen, Kevin/Marcus berhasil membuat Li/Liu tak bisa menemukan jalan keluar di laga tersebut. Hal itu yang bakal coba diulangi lagi oleh Minions di laga nanti. 

Ahsan/Hendra Kembali Melejit

Satu hal yang patut digarisbawahi, Ahsan/Hendra kembali menemukan performa terbaik di tahun ini. Setelah jadi runner up di Indonesia Masters, Ahsan/Hendra mampu jadi juara All England dan Selandia Baru Terbuka.

Ahsan/Hendra lalu kembali masuk ke papan atas dunia dan mulai diperhitungkan sebagai salah satu favorit di tiap turnamen seri BWF yang digelar.

Pada edisi Indonesia Open 2019 ini, Ahsan/Hendra membuktikan mereka memiliki ketangguhan mental yang luar biasa. Ahsan/Hendra beberapa kali bermain dalam situasi terjepit namun bisa keluar dari tekanan dan jadi pemenang.

Ahsan/Hendra sempat menang dengan skor 28-26 di gim pertama saat menghadapi Marcus Ellis/Chris Langridge. Ahsan/Hendra kemudian harus duel hidup mati lawan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang berakhir dengan skor 22-20 di gim penentuan.

Pada babak semifinal, Ahsan/Hendra tidak tampil di level terbaik ketika menghadapi Hoki/Kobayashi. Tetapi pada akhirnya, Ahsan/Hendra berhasil menemukan cara untuk keluar dari tekanan dan memenangkan pertandingan.

Kekuatan mental dan kepercayaan diri ini yang bakal jadi senjata Ahsan/Hendra di laga final nanti.