Riau

Berbagai Permainan Rakyat akan Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Bengkalis ke 507

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Guna menyukseskan Hari jadi Kabupaten Bengkalis yang ke 507 Tahun 2019, Pemerintah mulai melakukan Rapat Persiapan. 

Bupati Bengkalis melalui Sekretaris Daerah Bengkalis saat menggelar rapat finalisasi Panitia Pelaksanana Hari Jadi ke-507 Bengkalis, bertempat di ruang rapat Hang Jebat lantai II Kantor Bupati Bengkalis, Kamis (18/7/2019).

Sebagai kegiatan pembuka sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019 ini, Jumat (19/7/2019) mendatang, Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan menghadirkan ustadz Soleh Mahmoed atau yang lebih dikenal dengan USTADZ SOLMED, untuk memberikan siraman rohani Kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis pada pukul 20.00 WIB. Sebelum tausyiah, masyarkat terlebih dahulu akan disuguhi dengan penampilan group shalawat Baitul Quro dari Kota Bengkalis sendiri.

Sama seperti tahun sebelumnya, dari tanggal 20 hingga 28 Juli 2019, di Lapangan Tugu Bengkalis akan berlangsung pergelaran seni dan budaya dari berbagai paguyuban, suku, band dan masyarakat di Kabupaten Bengkalis yang akan dimulai dari pukul 20.00 WIB hingga 22.30 WIB serta kegiatan Car Free Night yang akan digelar pada 27 Juli pada pukul 20.00 WIB

Sementara itu pada tanggal 24 Juli 2019 akan digelar pula sarasehan dengan tema “Refleksi Sejarah Bengkalis Sebagai Negeri yang Berdaulat” di Gedung Cik Puan Bengkalis pada pukul 08.30 WIB dengan menghadirkan narasumber H. Syamsurizal (Bupati Bengkalis Periode 2000-2010), H. Asraf Saili dan Riza Pahlevi serta Pengulas Sejarah Prof. H.SyamsuL Nizar (Direktur STAIN Bengkalis dan Saukani Alkarim (Budayawan Riau Asli Bengkalis).

Kemudian pada Kamis, tanggal 25 hingga 28 Juli 2019, akan digelar gotong royong massal seluruh Kabupaten Bengkalis dengan tema "Bersih Kampung". Dimana pada hari Kamis dikhususkan pelaksanaannya untuk seluruh  kantor instansi pemerintah. Sedangkan hari Sabtu, gotong royong akan digelar di setiap sekolah, dan pada hari minggunya akan dilaksanakan gotong royong di masyarakat umum.

Selanjutnya, pada hari Minggu, tanggal 27 Juli 2019, melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis akan menggelar permainan anak negeri yang bertempat di Lapangan Pasir Bengkalis dimulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Adapun permainan yang akan dilombakan tersebut, berupa lomba layang-layang, lomba terompa panjang, lomba enggrang dan lomba gasing.

selanjutnya pada hari senin (29/7/2019) akan digelar pula Karnaval Budaya Pesona Negeri Junjungan, dari berbagai paguyuban dan suku serta siswa siswi sekolah semua tingkatan termasuk mahasiswa oerguruan tinggi di Bengkalis bertempat di Lapnagan Tugu Bengkalis pada pukul 08.00 WIB.

Keesokan harinya, Selasa, 30 Juli 2019, puncak Hari Jadi Bengkalis ke-507 dengan dilaksanakannya Sidang Paripurna Istimewa Sempena Hari Jadi ke-507 Bengkalis tahun 2019 di ruang Paripurna DPRD Bengkalis dan pukul 14.00 WIB nya akan dilangsungkan pula kegiatan Kenduri Adat di Gedung Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Bengkalis Jalan Pramuka Desa Air Puti Bengkalis.

Sementara itu keesokan harinya lagi , Rabu (31/7/2019) akan dilaksanakan Ziarah ke Makam-Makam Pahlawan. Adapun makam yang akan diziarahi oleh Bupati Bengkalis dan rombongan tersebut diantaranya, Taman makam Pahlawan Kesuma Ksatria, Makam Panglima Minal, Makam Dara Sembilan dan terakhir makam Datuk Laksamana Raja Dilaut dimulai dari pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Guna memberikan hiburan kepada masyarakat Bengkalis, di hari penutup Rabu (31/7/2019) pukul 20.00 WIB yang merupakan malam puncak, masyarakat Bengkalis akan disuguhi hiburan dari artis ibukotan Jakarta dengan menghadirkan”Kotak Band” di Lapangan Pasir Bengkalis. (Uya)