Politik

Beredar Susunan Kabinet Indonesia Kerja Jokowi-Ma'ruf Amin, Hoax!

RIAULINK.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika menegaskan beredarnya struktur Kabinet Indonesia Kerja Jilid II Jokowi-Mar'ruf Amin periode 2019-2024 adalah informasi palsu alias hoax.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Komunikasi Politik Tim Kampanye Kemenangan Nasional (TKN), Usman Kansong. "Jelas, yang beredar melalui media sosial seperti Facebook dan WhatsApp adalah tidak benar," kata dia, dikutip dari situs Kominfo, Rabu, 17 Juli 2019.

Telah beredar draf susunan nama menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Kali ini, dalam draf dengan kop Koalisi Indonesia Maju berlogo Garuda terdapat sejumlah elite dari partai politik yang gagal ke parlemen.

Draf dokumen ini beredar luas di layanan aplikasi WhatsApp. Dikutip dari draf tersebut, tertulis ‘Risalah Rapat Pengangkatan Nama-nama Menteri Pembantu Presiden dalam Kabinet Kerja Jilid II Periode 2019-2024 Masa kepemerintahan Ir. H. Joko Widodo dan Prof Dr. KH Maruf Amin bersama partai koalisi.

Ada juga nama elite dari partai baru yang gagal lolos ke DPR seperti Ketua Umum PSI Grace Natalie yang ditulis sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Dari Perindo bukan elite partai melainkan putri dari Ketua Umum Hary Tanoesoedibjo, Angela Herlina Tanoesoedibjo. Angela dalam draf surat itu ditulis sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika.

Kemudian, ada Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono yang tertulis sebagai Kepala Staf Kepresidenan.