Peristiwa

Dalam Sehari, Dua Kebakaran Terjadi di Inhil

INHIL, RIAULINK.COM - Dalam satu hari terjadi dua kali musibah kebakaran di Kecamatan Tembilahan Hulu, Kamis (11/7/2019).

Si jago merah membakar rumah warga di Jln Gerilya Lr Cinta Maju Kelurahan Tembilahan Barat Kecamatan Tembilahan Hulu RT 001 RW 005 sekira pukul 09.30 WIB.

Kebakaran tersebut menyebabkan 6 keluarga kehilangan tempat tinggal. 1 unit rumah merupakan rumah pribadi, dan 5 unit lainnya adalah rumah kontrakan.

Adapun kepala keluarga yang mengalami nasib nahas tersebut adalah Saat (54) pemilik rumah tunggal, M Nuh Isa (60) rumah kontrakan, Katol (42) rumah kontrakan, Nurhaisah (40) rumah kontrakan, Samsiah Ais Isan (40) rumah kontrakan, Tabrani (40) rumah kontrakan, dan Suryanto (38) pemilik rumah kontrakan.

Menurut keterangan saksi, Firdaus (73) ketika dirinya duduk di rumah korban Saat (54) tiba-tiba api sudah menyala di dinding rumah Saat yang bersebelahan dengan rumah Katol (42).

Diakui sang saksi bersuku Melayu ini dirinya segera keluar rumah untuk minta tolong kepada warga. Selanjutnya Warga memadamkan api dengan peralatan seadanya (ember). Sekitar pukul 10.30 WIB api dapat dipadamkan dengan bantuan dua unit mobil Damkar PSMTI Kabupaten Inhil.

Kerugian akibat peristiwa kebakaran tersebut diperkirakan +- Rp. 300.000.000 (Tiga Ratus Juta rupiah).

Kejadian serupa terjadi pula sekira pukul 12.30 WIB di Jln Sederhana Gg Bunga Padi RT 006 RW 003 Kelurahan Tembilahan Hulu Kecamatan Tembilahan Hulu. 

Kali ini api menghanguskan 3 rumah warga. Korban yang kehilangam tempat tinggal ialah Ilen (40), Inoy (45), dan Rajiun (70).

Berdasarkan keterangan saksi, Deka Saputra yang merupakan anak Inoy (45) saat menonton tv tiba-tiba ia melihat api menyala di dapur rumah Ilen (40). Lalu ia keluar meminta tolong, dan warga menoling dengan alat seadanya sampai datang bantuan dari dua unit mobil Damkar Inhil dan satu unit mobil Damkar PSMTI. 

Kerugian akibat peristiwa kebakaran tersebut berkisar Rp. 180.000.000 (Seratus Delapan Puluh Juta rupiah).

Beruntung tidak ada korban jiwa pada dua peristiwa kebakaran yang menimoa warga Kecamatam Tembilahan Hulu itu. Dan asal api masih dalam penyelidikan. Kasus ini ditangani oleh Unit Reskrim Polsek Tembilahan Hulu. (ray)