Lifestyle

Bahaya Gula Selain Diabetes, Bisa Menyebabkan Penuaan Dini

RIAULINK.COM - Mengonsumsi gula dalam jumlah yang berlebihan tidak hanya meningkatkan risiko diabetes dan gigi berlubang, tapi juga bisa berpengaruh pada kesehatan kulit. Salah satu bahaya gula yang jarang disadari adalah penuaan dini. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga ternyata bisa membuat kulit menjadi berjerawat.

Hal itu terjadi karena gula dapat memicu terjadinya proses glikasi. Dalam proses ini, kelebihan gula yang terdapat di tubuh kemudian bergabung dengan protein, membentuk suatu komponen yang dinamakan advanced glycation end prooducts (AGES).

Komponen AGES ini, dapat merusak kolagen dan elastin di kulit. Padahal, keduanya berfungsi menjaga kulit menjadi tetap kencang, kenyal, serta terlihat awet muda. Jika kolagen dan elastin di kulit rusak, maka kulit akan mengendur dan muncul kerutan.

 

Bahkan disebutkan, orang dengan kebiasaan mengonsumsi karbohidrat (yang memang merupakan sumber gula), cenderung memiliki lebih banyak kerutan pada kukit dibandingkan dengan orang yang lebih banyak mengonsumsi protein.

Gula tidak hanya ada pada makanan yang manis, tapi juga pada karbohidrat tinggi seperti roti tawar dan nasi putih. Makanan tinggi karbohidrat memiliki indeks glikemik yang tinggi. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan keceparan karbohidrat di tubuh diproses menjadi gula. Semakin tinggi nilainya, maka semakin buruk.

Minuman seperti soda, juga bisa memicu proses penuaan dini pada kulit Anda. Selain bahaya dari gula, soda juga tinggi akan kandungan kafein, yang bisa mengganggu siklus tidur Anda. Kurang tidur bisa menyebabkan keriput pada kulit.